Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Tokyo, Pilih Bandara Haneda atau Narita?

Kompas.com - 20/07/2017, 20:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah wisatawan Indonesia yang menyambangi Jepang terus bertambah tiap tahunnya. Pada 2016, sebanyak 271.014 wisatawan Indonesia yang menyambangi Negeri Sakura dengan kenaikan sebesar 32,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Januari-Juli tahun ini, jumlah turis Indonesia yang melancong ke Jepang adalah 184.000 orang dengan kenaikan sebesar 44,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini adalah jumlah kunjungan tertinggi dibanding negara-negara lain penyumbang wisman di Jepang.

Ada dua bandara besar di dekat Tokyo yang menjadi tempat mendarat favorit turis Indonesia. Pertama adalah Bandara Haneda, kedua adalah Bandara Narita. Apa perbedaannya?

"Sebetulnya bandara yang buka untuk rute internasional terlebih dahulu adalah Narita, kemudian baru Haneda. Bandara Haneda terletak lebih dekat dengan Tokyo. Haneda hanya 11 menit perjalanan dari pusat kota," tutur Raymond Tjia, Sales & Marketing Manager All Nippon Airways saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Bandara Haneda, Tokyo, JepangAFP PHOTO Bandara Haneda, Tokyo, Jepang

Sementara itu, lanjutnya, wisatawan butuh waktu 70 menit perjalanan dari Bandara Narita menuju pusat Kota Tokyo. Bandara Narita juga menjadi hub bagi penerbangan transit baik menuju Eropa, Amerika, dan Afrika.

"Dari segi harga tiket pesawat, sebetulnya sedikit lebih mahal jika tujuannya Bandara Haneda," tambah Raymond.

Bandara Haneda juga lebih cocok bagi Anda yang ingin mengeksplor Jepang. Dari bandara ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju 40 destinasi di Jepang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com