Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidangan Daging Ini Dimasak Selama 4 Hari, Mau Coba Kelezatannya?

Kompas.com - 21/07/2017, 16:05 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menghasilkan masakan yang nikmat, teknik mengolah makanan akan selalu berkembang.

Conto teknik pengolahan makanan yang awam di Indonesia adalah ungkep, rendam, juga dibalur berbagai rempah agar meresap ke dalam bahan baku.

Salah satu restoran di Jakarta mengolah bahan dasar dengan cara yang tidak biasa. Attarine, begitu nama restoran modern tersebut, memang rutin bereksperimen dengan ragam hidangannya.

Hasil eksperimen barunya yang unik ialah Braised Beef Short Rib, yang dimasak selama empat hari 12 jam.

Sekilas hidangan ini terlihat seperti semur. Daging iga sapi dijadikan bahan dasar. Rempah yang digunakan antara lain kayu manis, ketumbar, lada hitam, kapulaga, juga saus tiram.

"Daging iga segar direndam dalam semua rempah bumbunya. Ditunggu empat hari dalam keadaan terbuka," ujar Ismaean, Senior Chef di Attarine Jakarta saat peluncuran menu baru, Kamis, (20/7/2017).

Interior Attairine RestoranAttairine Images Interior Attairine Restoran
Untuk menghindari dari kebusukan, sang koki menggunakan dua jenis garam yakni garam masak dan pink salt. Sedangkan air yang digunakan untuk merebus sebelumnya dididihkan terlebih dahulu.

"Selama empat hari itu suhunya dijaga sekitar minus sampai satu derajat Celcius dalam keadaan terbuka," jelasnya.

Tujuan perebusan sendiri untuk mendapatkan tekstur dan resapan bumbu yang sempurna.

Setelah itu, daging dimasak dengan suhu yang stabil dalam mesin yang tertutup. Suhu yang dipasang sekitar 75 derajat selama 12 jam.

Tak heran racikan rempahnya begitu meresap ke dalam daging yang lunak. Saat dipotong dan dilahap, daging begitu juicy dan tumpah di mulut. Padahal tidak ada kuah sama sekali dalam hidangannya.

Mau mencobanya? Silahkan datang ke Attarine Resto di Jalan Gunawarman No 11A, Jakarta Selatan. Anda juga bisa coba memasak sendiri hidangan kesukaan dengan metode tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com