Semester Satu, 70 Kapal Pesiar Masuk ke Pelabuhan Pelindo III - Kompas.com

Semester Satu, 70 Kapal Pesiar Masuk ke Pelabuhan Pelindo III

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 22/07/2017, 13:42 WIB
Kapal pesiar berlabuh di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.Dok. Pelindo III Kapal pesiar berlabuh di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 70 kunjungan kapal pesiar tercatat masuk ke pelabuhan-pelabuhan di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia III ( Pelindo III) selama semester pertama tahun 2017.

“Jumlah ini meningkat 34 persen dibandingkan capaian tahun lalu di periode yang sama,” kata Widyaswendra, VP Corporate Communication Pelindo III dalam keterangan pers yang diterima KompasTravel, Jumat (21/7/2017).

(BACA: Industri Wisata Kapal Pesiar di Asia Terus Tumbuh)

Dari 70 kunjungan, dominasi kapal pesiar berukuran kecil ini mencapai 44 persen atau sebanyak 31 kunjungan. Berbeda dengan tahun lalu, di mana kelas small ship hanya mencatatkan kunjungan sebanyak 7 call atau 15 persen saja.

“Tahun 2016, kunjungan cruise didominasi oleh kapal dari kelas mid-size ship (kapasitas 751-2500 orang),” ujar Widyaswendra.

(BACA: Inilah Perbedaan Turis Eropa dengan Asia saat Wisata Kapal Pesiar)

Menurut Widyaswendra, jumlah kunjungan kapal dengan ukuran mid-size ship mencapai 34 call. Jumlah tersebut 74 persen dari total kunjungan cruise ke pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III sepanjang tahun 2016 yaitu 46 kunjungan.

Kendati demikian, jumlah penumpang kapal pesiar justru mengalami penurunan 12 persen secara year-on-year, yakni berjumlah 49.345 orang dibanding tahun 2016 yang mampu mencapai 55.803 orang.

Kondisi ini disebabkan oleh semakin populernya kapal pesiar dari kelas small ship  mengunjungi pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III dengan kapasitas penumpang berkisar 251-750 orang.

Kapal pesiar berlabuh di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.Dok. Princess Cruises Kapal pesiar berlabuh di pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.
Dari 70 kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan-pelabuhan Pelindo III paling banyak masuk ke Pelabuhan Benoa, Bali. Sebanyak 38 kunjungan kapal pesiar masuk ke Pelabuhan Bali.

"Reputasi Pulau Bali yang sudah mendunia pun berdampak pada tingginya intensitas kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa dibandingkan pelabuhan lainnya di wilayah kerja Pelindo III yakni sebanyak 38 kunjungan," ujar Widyaswendra.

Intensitas kunjungan ke Pelabuhan Benoa belum dapat tersaingi oleh tujuh pelabuhan Pelindo III lainnya jika digabungkan.

Tujuh pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang), Pelabuhan Lembar (Lombok), Pelabuhan Tanjung Tembaga (Probolinggo), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), Pelabuhan Celukan Bawang (Bali), Pelabuhan Kalabahi (Alor – NTT) dan Pelabuhan Badas (Sumbawa – NTB).

"Peak season kunjungan kapal pesiar di kedelapan pelabuhan tersebut terjadi pada triwulan pertama 2017, yaitu antara bulan Januari sampai dengan Maret. Kecenderungan ini merupakan imbas pergantian musim di negara-negara Eropa maupun Amerika Serikat yang masih mengalami musim dingin," tambah Widyaswendra

Kapal Pesiar Pacific Eden sandar di Pelabuhan Benoa, Bali, Kamis (13/4/2017).ARSIP KEMENPAR Kapal Pesiar Pacific Eden sandar di Pelabuhan Benoa, Bali, Kamis (13/4/2017).
Para pelancong mancanegara pun banyak memanfaatkan masa liburannya menuju negara-negara beriklim tropis tak terkecuali Indonesia.

Sepanjang triwulan pertama 2017, jumlah kunjungan kapal pesiar tercatat sebanyak 45 call. Selanjutnya pada kuartal kedua, jumlah kunjungannya menurun dengan jumlah 25 call.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM