China Penyumbang Turis Terbanyak di Industri Kapal Pesiar - Kompas.com

China Penyumbang Turis Terbanyak di Industri Kapal Pesiar

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 23/07/2017, 19:04 WIB
Kapal pesiar Majestic PrincessDok. Princess Cruises Kapal pesiar Majestic Princess

JAKARTA, KOMPAS.com - China menjadi penyumbang turis terbanyak di wilayah Asia pada industri kapal pesiar. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Kawasan Asia Tenggara Princess Cruises, Farriek Tawfik.

"Penduduk Indonesia lebih dari 200 juta, yang wisata kapal pesiar baru 40.000 orang. Turis China sudah ke Alaska dalam jumlah itu. Tak hanya cruise, mereka juga traveling lainnya," kata Tawfik kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Menurutnya, minat tinggi untuk berwisata kapal pesiar juga menjadi masalah bagi operator. Hal itu lantaran terbatasnya kapasitas untuk penumpang di kapal pesiar.

"Turis China itu besar dari inbound atau outbond. Mereka sangat open, mau pergi ke luar (negeri untuk) melihat. Mereka sudah pergi ke cruise. Kita lihat industri cruise di China, misalnya datang travel agent ke kami. Ada yang minta pergi dengan booking 100 kabin. Kalau travel agent China, itu ingin booking kapal. Ibaratnya kalau kita beli tiket bus, tapi kalau mereka itu sudah sewa bus," jelas Tawfik.

Tingginya minat turis China juga dilihat dari usaha yang dilakukan sebelum wisata kapal pesiar. Menurutnya, turis China rela terbang dari daratan China ke Eropa dan Australia untuk wisata kapal pesiar.

"Mereka itu bisa rela terbang ke Perth untuk bisa ikut cruise trip karena di Shanghai sudah penuh. Misalnya juga terbang ke Singapura," jelasnya.

Data Cruise Line International Association mencatat persentase turis China sebesar 47,4 persen dari total keseluruhan pasar turis kapal pesiar di Asia pada 2015. Sementara, turis Indonesia sebanyak 1,9 persen.

Pada tahun 2015, tercatat lebih dari dua juta turis Asia berlibur menggunakan kapal pesiar. Jumlah tersebut akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2020.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM