Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2017, 22:03 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demam K-Pop di Indonesia ternyata bisa mengenalkan ragam destinasi wisata Indonesia. Hal ini karena beberapa variety show Korea ternama pernah melakukan syuting di tempat-tempat wisata Indonesia.

Selain karena alamnya yang luar biasa, variety show ini syuting di Indonesia karena merupakan salah satu negara dengan fans K-Pop terbesar. Salah satu variety show Korea yakni Running Man kerap meminta rekomendasi para penontonnya untuk menentukan lokasi syutingnya.

Dihimpun KompasTravel, berikut beberapa destinasi wisata Indonesia yang pernah digunakan sebagai lokasi syuting variety show Korea.

1. Gili Air-Sukarara-Pantai Malimbu, Lombok

Lombok tak lepas dari lirikan bintang K-Pop. Dalam variety show We Got Married, pasangan Eunjung ‘T-Ara’ dan Lee Jang Woo datang ke Lombok pada salah satu episode tahun 2012.

Ragam destinasi yang dikunjungi mereka bersama puluhan krunya ialah Pantai Malimbu, Gili Air, Sukarara, dan Bukit Napah. Selain itu, mereka juga melaksanakan adegan pernikahan dengan adat Lombok.

Ubud, BaliDok. Travel+Leisure Ubud, Bali
2. Bali

Pantai yang romantis dan budaya yang eksotis membuat beberapa pasangan seperti Gain dan Jo Kwon, Hong Jong Hyun dan Yura dari We Got Married melakukan syuting hingga bulan madu di Bali.

Pada November 2016, beberapa pemain Idol Party syuting dan berlibur di berbagai pantai di sini.

3. Pulau Mahoro dan Manumpitaeng, Manado

Siapa sangka eksotika Manado juga membuai para artis K-Pop untuk berkunjung ke sini. Baru Januari 2017 lalu lebih dari 14 artis Law of the Jungle syuting dan berlibur ke sini.

Selama di Manado, mereka mengunjungi Pulau Mahoro dan Manumpitaeng. Mereka pun ditantang untuk bisa bertahan hidup di kedua pulau ini.

4. Sumba

Tahun 2016, Sumba juga menjadi salah satu destinasi tempat shooting Suspicious Vacation. Variety show yang menyuguhkan cara unik berlibur ini memboyong artis Jo Youn Woo dan Lee Seong Joon.

Di Sumba, mereka melihat langsung prosesi pemakaman dengan dolmen dan bahkan ikut menyumbang untuk pemakaman seseorang. Mereka juga menginap di homestay milik warga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com