Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Karya Yayoi Kusama di National Gallery Singapore

Kompas.com - 25/07/2017, 10:07 WIB
Estu Suryowati

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com – Mengunjungi museum dan menikmati pameran seni adalah salah satu cara terbaik lari dari rutinitas. Suasana di dalam museum yang jauh dari gaduh membuat banyak orang merasa rileks. Apalagi jika kebetulan di museum itu ada pameran seni.

Nah, beberapa waktu lalu KompasTravel berkesempatan mengunjungi National Gallery Singapore.

Galeri ini berlokasi di Saint Andrew’s Road No.1. Lantaran berada di tengah-tengah kota, National Gallery Singapore relatif mudah dijangkau.

Para turis bisa menggunakan taksi dari tempat menginap menuju galeri ini. Argonya tentu saja sesuai dengan jarak tempuh dan kondisi jalan.

(BACA: Nuansa India di Jantung Singapura)

Sebagai gambaran dari tempat KompasTravel menginap, yaitu di Hilton Garden Inn yang berlokasi di Little India, ongkos taksi sekitar 5,5 – 8,5 dollar Singapura atau sekitar Rp 53.625 – Rp 82.875 (kurs 9.750), dengan jarak 3,48 kilometer.

Jika kebetulan akomodasi tempat menginap berada di kawasan Chinatown, argo taksinya mungkin hanya sekitar 3,5 – 5,5 dollar Singapura saja atau sekitar Rp 34.125 – Rp 53.625.

Salah satu karya seniman asal Jepang, Yayoi Kusama yang dipamerkan di National Gallery Singapore Invisible Life, Jumat (14/7/2017). Pameran Kusama berlangsung dari 9 Juni hingga 3 September 2017.KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI Salah satu karya seniman asal Jepang, Yayoi Kusama yang dipamerkan di National Gallery Singapore Invisible Life, Jumat (14/7/2017). Pameran Kusama berlangsung dari 9 Juni hingga 3 September 2017.
Tetapi karena cukup dekat, sekitar 1,5 kilometer saja, ada baiknya berjalan kaki agar lebih sehat.

Tapi, bilamana akomodasi tempat menginap berada agak ke pinggiran, ada Mass Rapid Transit (MRT) yang menghubungkan banyak tempat di Singapura, bahkan hingga ke ujung-ujung. Ingat ya, turunnya di Stasiun City Hall.

Pengunjung atau wisatawan lokal tidak dipungut biaya masuk National Gallery Singapore, baik untuk umum maupun konsesi. Yang termasuk konsesi ini diantaranya yaitu anak-anak usia 7-12 tahun dan lansia 60 tahun dan ke atas.

Adapun wisatawan asing dikenakan biaya masuk 20 dollar Singapura atau sekitar Rp 195.000 (umum), dan 15 dollar Singapura atau sekitar Rp146.250 (konsesi). Tetapi jika ada pameran seni yang spesial, ada tarif khusus.

Pameran seni Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow (Kehidupan adalah Jantung Sebuah Pelangi) digelar di National Gallery Singapore, dari 9 Juni sampai 3 September 2017, Jumat (14/7/2017). Yayoi Kusama adalah seorang seniman asal negeri sakura.KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI Pameran seni Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow (Kehidupan adalah Jantung Sebuah Pelangi) digelar di National Gallery Singapore, dari 9 Juni sampai 3 September 2017, Jumat (14/7/2017). Yayoi Kusama adalah seorang seniman asal negeri sakura.
Untuk masuk dan menikmati pameran spesial, harga tiket terusan (all access pass) yang dikenakan bagi wisatawan lokal sebesar 15 dollar Singapura (umum), dan 10 dollar Singapura (konsesi).

Sedangkan bagi wisman, harga tiket terusannya sebesar 30 dollar Singapura (umum) atau sekitar Rp 292.500, dan 25 dollar Singapura (konsesi) atau sekitar Rp 243.750.

Menemani rombongan KompasTravel, Manager PR & Communication Kelly Quek menjelaskan bangunan ini dulunya merupakan dua gedung terpisah. Satu adalah gedung Balai Kota. Dan satunya lagi adalah gedung Mahkamah Agung.

"Kedua gedung ini disatukan dengan foyer atau ruang transisi seperti yang kita lihat ini," kata Kelly saat rombongan beranjak dari foyer menuju sisi gedung bekas Balai Kota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com