Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Central Celebes 2017 Promosikan Destinasi Wisata Sulteng

Kompas.com - 26/07/2017, 14:05 WIB
Lisa Viranda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap sepeda skala internasional akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 6-8 November 2017 dengan nama Tour de Central Celebes (TDCC).

Berbekal media value yang tinggi, acara ini diharapkan mampu menjadi sarana publikasi dan promosi destinasi wisata Sulteng di tingkat nasional maupun internasional.

"Sport tourism itu media values-nya sangat tinggi bahkan melebihi direct impact dengan persentase 90 persen berbanding 10 persen. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan sebagai penunjang dalam kegiatan publikasi dan promosi destinasi wisata," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara peluncuran TDCC 2017 di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (25/07/2017).

Peserta dari TDCC 2017 nantinya akan disuguhi tempat-tempat wisata di Sulteng. Dimulai dari wisata bahari, tempat bersejarah, hingga wisata kuliner antara lain Kepulauan Togean, Danau Poso, Pusentasi, Jembatan Palu, Gunung Gawalise, Cagar Alam Morowali, Taman Nasional Lore Lindu, dan Tugu Perdamaian.

Arief juga menghimbau agar Kepulauan Togean sebagai destinasi wisata Sulteng yang masuk dalam 30 besar Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) turut dipromosikan sebagai destinasi wisata unggulan di Sulawesi Tengah dalam TDCC 2017.

Pada 2016, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Sulteng mencapai 57.461 orang dan wisatawan nusantara (wisnus) mencapai 3.019.448 orang. Tahun ini jumlah tersebut diproyeksi akan meningkat dengan target wisman sebanyak 75.000 orang dan wisnus mencapai 3.757.841 orang.

Arief Yahya menyebut TDCC 2017 akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan di Sulawesi Tengah.

"Semakin banyaknya kunjungan wisatawan juga tentunya akan menggerakkan perekonomian daerah serta mendorong perbaikan infrastruktur agar terus mengalami peningkatan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com