Liburan ke Thailand, Apa yang Baru dan Seru? - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Thailand Tourism

Liburan ke Thailand, Apa yang Baru dan Seru?

Erwin Hutapea
Kompas.com - 28/07/2017, 15:20 WIB
Boomerang merupakan salah satu wahana roller coaster yang bisa dijumpai di Siam Park City, Bangkok, Thailand.KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Boomerang merupakan salah satu wahana roller coaster yang bisa dijumpai di Siam Park City, Bangkok, Thailand.

JAKARTA, KOMPAS.comLiburan ke luar negeri bisa dilakukan meski isi dompet tak terlalu tebal.

Caranya, pilih destinasi wisata di Asia Tenggara yang jaraknya relatif dekat. Thailand, misalnya, bisa jadi pilihan. Dengan demikian, biaya perjalanan lebih hemat.

Kompas.com sempat mencari tahu harga tiket Jakarta-Bangkok dengan menggunakan layanan situs web perjalanan.

Sepasang suami istri bersama dua anak yang menggunakan pesawat terbang berbiaya murah bisa berangkat dengan harga tiket Rp 4,5 juta pada bulan Agustus tahun ini.

Artinya, perjalanan udara pergi dan pulang dari sana tak sampai Rp 10 juta.

Soal destinasi wisata, Thailand punya banyak ragam, dari surga belanja di Bangkok sampai wisata bahari di Pattaya.

Baca juga: Mau Liburan Sekeluarga ke Luar Negeri dengan Cara Masuk Akal?

Tergantung kocek

Pilihan destinasi bisa menyesuaikan kocek yang dianggarkan atau panjangnya waktu liburan saat berada di Thailand.

Kalau tak mau keluar dari Kota Bangkok, Anda bisa mengunjungi gedung berarsitektur indah.

Istana raja Grand Palace dengan gaya arsitektur khas Negeri Gajah Putih dan tempat pameran Ananta Samakhom Throne Hall yang mengadopsi gaya Eropa bisa dijadikan destinasi wajib.

Kalau suka dengan arsitektur candi, Anda juga bisa melakukan kunjungan ke candi Wat Pho dan Wat Arun yang selalu ramai didatangi warga Thailand untuk beribadah.

Buat wisata anak-anak, kunjungi Dinosaur Planet di Bangkok. Ini merupakan taman hiburan baru yang menghadirkan pengalaman seru melihat berbagai jenis dinosaurus, bisa sekaligus menambah pengetahuan untuk anak sekolah.

Sempatkan pula ke Dream World yang di dalamnya ada Snow Town, di mana anak-anak bisa merasakan sensasi dinginnya tempat bersalju.

Belum cukup puas? Coba lihat juga patung-patung lilin yang ada di Madame Tussauds.

Ada patung dua tokoh terkenal asal Indonesia yang dipajang di sana, yaitu Presiden Soekarno dan penyanyi Anggun C Sasmi.

Pada malam hari, rasakan keramaian pasar alam di Bangkok, misalnya di Asiatique yang lokasinya di pinggir Sungai Chao Phraya, atau di Talad Rot Fai di daerah Ratchada.

Dua tempat itu jadi favorit pelancong asal Indonesia. Berbagai suvenir dan aksesori yang dijual di sana harganya relatif terjangkau.

Selain itu, nikmati pula pertunjukan spektakuler mengenai religi dan budaya, Siam Niramit namanya.

Ongkos untuk pengeluaran tiket lebih kurang Rp 550.000 per orang. Akan tetapi, harga yang lebih murah bisa didapatkan dari agen perjalanan dan hiburan online.

Baca juga: Wisata Keluarga Jadi Andalan Thailand untuk Tarik Pelancong

Kalau Anda bosan dengan suasana kota, coba datangi Pattaya, banyak juga tempat yang bisa dikunjungi di sana.

Ada Pantai Jomtien dengan pasir putih dan pemandangan laut yang indah. Khusus anak-anak yang suka bermain pasir, pantai ini sangat cocok.

Supaya liburan bersama keluarga lebih seru, ajak anak-anak bermain-main dengan sejumlah karakter Cartoon Network di Cartoon Network Amazone, misalnya Ben 10, Jake, dan Finn. Ya, mumpung sedang berada di Pattaya.

Bagi Anda yang suka dengan wisata dalam ruangan, abadikan momen langka dengan mengambil berbagai gambar dari museum tiga dimensi Art in Paradise, atau menyaksikan sejumlah keanehan dunia di Ripley’s Believe It or Not.

Nah, jika ingin bersenang-senang dengan hewan, cobalah bermain dengan domba di Sheep Farm atau kuda poni kecil di Pipo Pony.

Seorang anak kecil sedang menunggang kuda poni di Pipo Pony Club, Pattaya, Thailand.Tourism Authority of Thailand Seorang anak kecil sedang menunggang kuda poni di Pipo Pony Club, Pattaya, Thailand.

Ada pula wisata menunggang gajah khas Thailand di Noong Noch dan memberi makan hewan di Khao Kheow Open Zoo.

Untuk Anda yang suka dengan wisata air, semisal berenang, banana boat, atau berjalan dalam air, luangkan waktu di Coral Island. Tersedia juga kesempatan bergelantungan dengan parasailing di sana.

Tidak mau kalah dari Bangkok, Pattaya juga punya obyek wisata untuk “berdingin-dingin ria” di Frost Magical Ice of Siam, di mana terdapat banyak patung dan benda tiruan yang terbuat dari es.

Obyek wisata yang terbaru yang tak kalah menarik yakni hutan wisata Rubber Land.

Namun, Anda perlu pengeluaran lebih banyak dan waktu lebih panjang jika ingin ke Pattaya. Jaraknya dari Bangkok lebih kurang 140 kilometer.

Harga transportasi menuju kota itu beragam, mulai dari 200 baht sampai 1.500 baht per orang.

Kalau ingin harga terjangkau, bus umum atau kereta bisa jadi pilihan.

Destinasi wisata lain

Kalau Bangkok dan Pattaya sudah umum bagi Anda, datangi saja kota wisata baru di Thailand, yaitu Hua Hin. Ada berbagai destinasi wisata juga di sini.

Untuk wisata air, nikmati tempat bernuansa Yunani di Santorini Park, rasakan berkeliling dengan gondola di The Venezia, atau jelajahi wahana air terbaru dengan fasilitas yang canggih, yaitu Vana Nava Hua Hin.

Baca juga: Water Park Baru di Thailand, Pas untuk Liburan Keluarga

Salah satu wahana air yang ada di Vana Nava Hua Hin, Thailand, yaitu Rain Fortress. Di sini tersedia 7 papan seluncur dan di bagian atas ada ember raksasa yang akan terisi penuh air setiap 5 menit, lalu akan ditumpahkan ke papan seluncur dan kolam renang di sekelilingnya.KOMPAS.COM/ERWIN HUTAPEA Salah satu wahana air yang ada di Vana Nava Hua Hin, Thailand, yaitu Rain Fortress. Di sini tersedia 7 papan seluncur dan di bagian atas ada ember raksasa yang akan terisi penuh air setiap 5 menit, lalu akan ditumpahkan ke papan seluncur dan kolam renang di sekelilingnya.

Berbeda lagi dengan wisata luar ruang. Pengunjung bisa menikmati pemandangan bersama hewan di Hua Hin Safari Park. Di tempat ini, Anda bisa melihat atraksi harimau, kobra, dan buaya, serta menunggang gajah di area yang alami.

Mau coba yang lebih merakyat? Anda pun bisa memberi makan domba dan kuda poni di Swiss Sheep Farm, atau melihat aneka binatang di Camel Republic.

Di kota tersebut juga ada pusat gaya hidup modern bernama Bluport Hua Hin. Berbagai tempat belanja, makan, toko aksesori, dan wahana bermain anak Whaley ada di sini.

Seandainya masih ada waktu ke wilayah lain di Negeri Gajah Putih, Phuket adalah rekomendasi selanjutnya. Nikmati indahnya pemandangan Patong Beach dan Maya Bay di Krabi yang juga tidak kalah elok.

Kalau Anda sekeluarga punya dana agak lebih, luangkan waktu menikmati moleknya pantai di Phi Phi Island yang menjadi tempat pengambilan gambar salah satu seri dari film James Bond.

Untuk tempat wisata lain, ada rumah terbalik (upside down house) yang unik di Baan Teelanka, patung Big Buddha, serta pasar malam di Chillva Night Market dan Phuket Walking Street Market setiap akhir pekan.

Dari sederetan destinasi wisata di atas, pantaslah Thailand menjadi negara yang mesti dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Sebelum pergi ke sana, Anda dapat mencari informasi dan promosi menarik dengan mengakses situs web ini  http://familyfun. tourismthailand.org/ atau mengunduh secara gratis aplikasi Family Fun Thailand, baik lewat App Store maupun Google Play, di ponsel Anda.

Selain menikmati keindahan alam dan pengalaman menarik selama di Thailand, banyak nilai edukatif yang berguna buat anak-anak dan orangtua.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisErwin Hutapea
EditorKurniasih Budi
Komentar