Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Harga Sewa "Campervan" di Selandia Baru?

Kompas.com - 29/07/2017, 08:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selandia Baru menawarkan wisata petualangan dengan cara berbeda. Salah satunya adalah berwisata menggunakan campervan. Untuk lebih jelas, campervan adalah akomodasi berjalan yang umumnya berupa mobil berukuran besar yang dari segi interior mirip seperti rumah. Ada tempat tidur, toilet, dan dapur.

Di Selandia Baru, turis asing diperbolehkan menyewa dan mengendarai campervan untuk berkeliling. Tentunya ada syarat dan peraturan yang harus ditaati.

"Biaya sewa per hari beragam, tergantung musim dan tanpa dibatasi kilometer per harinya. Biaya lain termasuk asuransi dan uang jaminan yang dikembalikan pada akhir liburan Anda," tulis situs resmi Tourism New Zealand.

BACA: Mau Berkeliling Selandia Baru Naik Campervan? Ini Tipsnya

Dari pantauan KompasTravel di situs resmi Tourism New Zealand, harga campervan yang disebut juga sebagai motorhomes sangat beragam.

KompasTravel mencoba memesan campervan untuk Agustus 2017, dimulai dan berakhir di Auckland. Pilihan campervan adalah tipe Maui untuk empat orang yang dilengkapi dapur termasuk kompor, kulkas, wastafel, toilet, shower, serta tempat tidur. Harga sewa per hari berkisar 104 dollar AS atau setara dengan Rp 1,4 juta.

Bila dibandingkan dengan harga rata-rata kamar hotel termurah di bulan Agustus daerah Auckland, harganya adalah Rp 700.000 per malam untuk dua orang.

BACA: Mengapa Pilih Liburan di Selandia Baru? Ini 8 Alasannya...

Jadi kesimpulannya harga campervan dan hotel sangat mirip. Bedanya campervan dilengkapi dengan fasilitas seperti dapur.

Namun patut diingat, sebelum memesan campervan di Selandia Baru, ada pos bujet lain yang harus disiapkan selain menyewa kendaraan. Pos bujet tersebut adalah bahan bakar, belanja bahan makanan, dan biaya masuk kemah caravan. Bujet campervan dapat ditekan hingga 50 persen dengan membeli pass mingguan.

Tips lain dari Tourism New Zealand, jika ingin harga sewa lebih murah, hindari musim semi karena pemintaan sewa campervan sedang tinggi. Namun musim semi menjadi waktu terbaik untuk melihat keindahan alam Selandia Baru yang sedang penuh warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com