Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupanya Tak Perlu Antre Panjang untuk Dapat Tiket Promo KAI...

Kompas.com - 29/07/2017, 15:15 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengunjung KAI Travel Fair hari ini, Sabtu (29/7/2017) di JCC Senayan kesal bukan kepalang. Betapa tidak, rupanya tiket promo KAI kini bisa diakses lewat situs atau aplikasi Online Travel Agent (OTA).

Hal ini terjadi setelah KAI Travel Fair tak mampu menampung banyaknya pengunjung. Sistem booking online yang tadinya hanya berlaku di ruangan acara pun dibatalkan. Jaringan internet di lokasi tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang membludak.

Akhirnya PT KAI dan pihak penyelenggara KAI Travel Fair membuka akses pembelian tiket promo secara online di beberapa OTA yang turut serta dalam di KAI Travel Fair 2017.

"Kami mohon maaf. Memang awalnya pembelian harus di lokasi, tapi karena internet di dalam tidak bisa menampung, makanya kita lepas. Pengunjung bisa memesan di rumah dengan membuka aplikasi yang ada," ujar Agus Komarudin selaku Kepala Humas KAI, Sabtu (29/7/2017).

BACA: Pengunjung Membludak, KAI Travel Fair Dibanjiri Protes

Calon pembeli tiket promo KAI, tinggal membuka aplikasi atau situs Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi. Anda tidak perlu menggunakan kode apa pun, karena harga yang tercantum sudah sesuai dengan promo di KAI Travel Fair, yaitu mulai 25-72 persen.

Namun jangka waktu pembayaran yang tadinya bisa dua jam menjadi hanya 30 menit. Hal itu membuat banyak pembeli yang tidak memiliki fitur mobile banking kesulitan untuk membayar dengan cepat.

Membludaknya antrean pembelian tiket langsung di salah satu stan Online Travel Agent. Pihak penyelenggara KAI Travel Fair pun akhirnya memutuskan untuk membuka secara online pembelian tiket promo di seluruh web travel agent.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Membludaknya antrean pembelian tiket langsung di salah satu stan Online Travel Agent. Pihak penyelenggara KAI Travel Fair pun akhirnya memutuskan untuk membuka secara online pembelian tiket promo di seluruh web travel agent.

Yudi, salah satu pengunjung yang berhasil membeli tiket kereta promo lewat online mengatakan masih tersedia banyak kursi. Namun ia menyesal karena kedatangannya ke acara tersebut sia-sia.

"Saya dapat Argo Dwipangga diskon 50 persen ke Yogyakarta. Masih ada yang kosong di Tiket.com, cuma hanya pemberangkatan pagi, tidak bisa pilih waktu. Nyesel juga kalau akhirnya bisa online, ngapain ke sini," ujar Yudi (55), pengunjung asal Depok.

BACA: Penyelenggara KAI Travel Fair Kewalahan Menampung Ledakan Pengunjung

Hesti (23) juga salah satu pengunjung yang beruntung. Ia berhasil mendapatkan tiket menuju kampung halamannya di Cirebon lewat aplikasi Traveloka, dengan diskon yang menggiurkan.

"Saya dapat sih, Cirebon Ekspress dari harga Rp 165.000 jadi Rp 60.000. Tapi waktu bayarnya cuma 30 menit, ATM sedikit pula di sini. Jadi saya harus telfon adik buat bayarin via ATM dari dekat rumah," ujarnya kepada KompasTravel.

Berbeda dengan Restu (55) yang harus ikhlas kehabisan tiket kereta untuk mengunjungi anaknya yang sedang berkuliah di Solo.

"Habis duluan mas, saya kan kurang ngerti kalau harus download-download aplikasi. Pas tahu bisa online, saya minta anak saya di Solo yang belikan. Ternyata sudah habis," ujarnya sembari beristirahat di ruang transit Hall B JCC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com