Kesalahan Terbesar Saat Memotret Perjalanan - Kompas.com

Kesalahan Terbesar Saat Memotret Perjalanan

Silvita Agmasari
Kompas.com - 01/08/2017, 07:22 WIB
Sejumlah wisatawan mancanegara memotret seorang abdi dalem di Keraton Yogyakarta, Kamis (17/9/2015). Selama bulan September, kunjungan wisatawan mancanegara ke Keraton Yogyakarta relatif stabil, yakni sekitar 400 orang per hari.KOMPAS/HARIS FIRDAUS Sejumlah wisatawan mancanegara memotret seorang abdi dalem di Keraton Yogyakarta, Kamis (17/9/2015). Selama bulan September, kunjungan wisatawan mancanegara ke Keraton Yogyakarta relatif stabil, yakni sekitar 400 orang per hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak senang melihat foto-foto indah dari perjalanan para travel blogger? Sampai akhirnya banyak orang yang memutuskan untuk membeli kamera keluaran terbaru dengan teknologi mutakhir untuk mengabadikan perjalanan.

Namun kata fotografer sekaligus blogger perjalanan, Gary Arndt membeli kamera mahal dan berharap foto menjadi lebih baik adalah hal yang sia sia.

"Kenyataannya kamera itu seperti alat musik. Misal jika tidak tahu cara memainkan piano Steinway, hanya duduk saja tak akan membuat musik yang indah," kata Arndt yang kini memiliki lebih dari 2,5 juta pengikut di akun Instagaram.

Sayangnya, menurut Arndt, saat ini banyak orang yang melakukan kesalahan tersebut. Membeli kamera mahal keluaran terbaru, kemudian menghabiskan banyak uang untuk berwisata.

"Tak terhitung orang dengan kamera mahal pergi melakukan perjalanan yang sangat mahal, tetapi tak tahu cara menggunakan kameranya," kata Arndt.

Saran dari Arndt ada baiknya sebelum berwisata pejalari dahulu kinerja dari kamera yang Anda miliki. Bagaimana mengontrol kamera di berbagai kondisi. Berfokuslah pada hasil foto mentah, bukan proses edit. 

"Industri travel seringkali acuh dengan blog sampai tahun 2010. Semua orang yang dulu menulis blog melakukan itu karena mereka memang suka travel. Mereka tidak melakukannya hanya untuk dapat uang. Bahkan jika mereka saat ini dapat uang dari itu, mereka sudah bertahun-tahun menulis di blog tanpa menghasilkan apapun," kata pria yang mendapat penghargaan sebagai Travel Photographer of the Year dari North American Travel Journalists Association.

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM