Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjatuh di Gunung Rinjani, Pendaki Asal Jakarta Ditemukan Selamat

Kompas.com - 02/08/2017, 15:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaki asal Cakung, Jakarta Timur, Siti Mariam (29) ditemukan dalam keadaan selamat, Rabu (2/8/2017), setelah mengalami musibah di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Agus Budi Santosa. Siti terjatuh di lokasi letter "S" saat menuju puncak Gunung Rinjani.

(BACA: Kasus Viral di Facebook, TN Rinjani Sebut Pelaku Tak Memetik Edelweis)

Agus mengatakan Siti ditemukan oleh pengembala sapi yang merupakan salah seorang warga Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Suhaldi.

"Lokasi ditemukannya korban di daerah Abangan Sembalun kawasan TNGR yang posisinya berada 1,5 kilometer dari jalur pendakian Desa Sembalun ke arah selatan. Pada saat ditemukan korban dalam kondisi pucat dan lemah," kata Agus dalam keterangan tertulis kepada KompasTravel, Rabu (2/8/2017).

Ia mengatakan Siti telah mendapatkan pertolongan dari petugas Balai TNGR Resort Sembalun Seksi Pengelolaan Wilayah II serta Tim Evakuasi Edelweis Medical Help Center (EMHC). Siti juga telah diperiksa kesehatannya.

"Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Dokter Puskesmas Sembalun, korban dalam keadaan sehat, hanya mengalami cedera ringan dan trauma akibat musibah yang dialami," katanya.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang berstatus aktif di Indonesia. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, NTB dengan puncak di ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com