Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan LED sebagai Medium, Lukisan Ini Sita Perhatian Pengunjung

Kompas.com - 02/08/2017, 22:04 WIB
Lisa Viranda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran koleksi lukisan Istana Negara tengah berlangsung di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, tepatnya pada 2-30 Agustus 2017. Ketika memasuki gedung pameran, Anda akan disuguhi dengan satu-satunya lukisan yang menggunakan LED sebagai medium.

"Karya pelukis terkenal abad ke-19, Konstantin Egorovick Makovsky ini menceritakan tentang monumental perkawinan adat Rusia," ujar Asikin Hasan, salah satu kurator dalam pameran "Senandung Ibu Pertiwi" saat dijumpai KompasTravel di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Selasa (01/08/2017).

BACA: Mulai Besok Lukisan Koleksi Istana Dipamerkan di Galeri Nasional

Telah berusia 125 tahun, lukisan ini merupakan hadiah dari rakyat Rusia melalui pemimpin Uni Republik-republik Sosialis Soviet, Nikita Khrushchev, kepada Indonesia. Jika ingin melihat wujud aslinya, Anda bisa berkunjung ke Istana Bogor.

Mengangkat tema Senandung Ibu Pertiwi, pameran lukisan koleksi Istana Negara kembali digelar pada 2 - 30 Agustus 2017 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.KOMPAS.COM/LISA VIRANDA Mengangkat tema Senandung Ibu Pertiwi, pameran lukisan koleksi Istana Negara kembali digelar pada 2 - 30 Agustus 2017 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Latar belakang ditampilkannya lukisan ini menggunakan medium LED adalah lantaran lukisan aslinya yang berumur ratusan tahun telah mengalami konservasi pada tahun 2004 sehingga kondisinya cukup rentan.

Selain itu, ukurannya juga sangat besar yaitu 295 x 450 cm sehingga tidak memungkinkan untuk dipindah ke Galeri Nasional Indonesia. 

"Selain menutupi keterbatasan yang ada, hadirnya lukisan dengan medium LED sebagai media baru dalam seni rupa ini sekaligus bertujuan untuk mengenalkan kepada publik bahwa medium masa kini sudah macam-macam jenisnya," tutup Asikin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com