Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju Obyek Wisata Kelas Dunia, Rawapening Harus Berstandar Global

Kompas.com - 07/08/2017, 06:12 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berkomitmen membangun benchmarking bagi Danau Rawapening agar menjadi destinasi wisata dunia. Sebagai langkah awal, Kemenpar akan menjadikan Rawapening sebagai pendukung wisata Candi Borobudur.

"Untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia, Danau Rawapening harus bisa menyediakan infrastruktur berstandar global. Kami juga sedang mencari benchmarking Rawapening," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman saat menghadiri acara peluncuran iklan terbaru Kuku Bima Energi di Bukit Cinta Brawijaya, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (5/8/2017).

(BACA: Pura Ulun Danu, Mahkota Danau Beratan)

Menurut Dadang, diperlukan strategi 3A untuk menjadikan Rawapening sebagai wisata dunia yakni Atraksi, Akses dan Amenitas.

"Artinya atraksi berkelas dunia apa saja yang bisa ditampilkan, bagaimana akses dan kemudahaannya serta fasilitas kelas dunia apa saja yang tersedia," katanya.

Strategi 3A ini, lanjut Dadang, bisa dilihat dari sejumlah danau di beberapa negara yang menjadi wisata dunia. Padahal jika dibandingkan dengan Rawapening, danau tersebut luasnya tidak seberapa.

"Ya karena danau mereka memiliki keindahan, kebersihan, keteraturan serta atraksi yang mampu mendatangkan wisatawan," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com