Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampung Krakatau Festival 2017 Digelar 25-27 Agustus

Kompas.com - 08/08/2017, 06:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meluncurkan Lampung Krakatau Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (7/8/2017).

Penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival ke-27 yang kali ini mengangkat tema “The Glory of Lampung Crown” akan berlangsung di Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan pada 25  hingga 27 Agustus 2017.

(BACA: Mimpi Bawah Laut Pahawang)

Siaran pers Kemenpar menyebutkan, penyelenggaraan festival tersebut selain sebagai sarana efektif dalam mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung juga memperkuat branding festival  untuk mempertegas keberadaan Gunung Krakatau berada di daerah Lampung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meluncurkan Lampung Krakatau Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (7/8/2017). LKF 2017 dlaksanakan di Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan pada 25  hingga 27 Agustus.ARSIP KEMENPAR Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meluncurkan Lampung Krakatau Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (7/8/2017). LKF 2017 dlaksanakan di Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan pada 25 hingga 27 Agustus.
“Pemilihan branding Lampung Krakatau Festival ini sangat tepat untuk memperkuat posisi Lampung sebagai destinasi wisata unggulan di ujung Pulau Jawa dan Sumatera. Nama Krakatau sendiri sudah dikenal ke seluruh dunia dengan peristiwa meletusnya gunung berapai terdasyat di dunia itu,” kata Arief Yahya.

(BACA: Wisata Lampung Tak Hanya Way Kambas dan Teluk Kiluan)

Menpar mengatakan, penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival 2017 untuk memperkuat unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) di antaranya pembangunan Dermaga 7 VIP Pelabuhan Bakauheni dan jalan tol Trans Sumatera yang direncanakan rampung pada 2018 serta peningkatan status Bandara Radin Inten II sebagai bandara internasional.

“Dengan penguatan unsur 3A ini Lampung akan banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi posisi Lampung yang strategis dekat dengan pasar utama great Jakarta dan menjadi pintu gerbang di ujung selatan Pulau Sumatera,” kata Arief Yahya.

Pulau Pahawang di Lampung.ARSIP KOMPAS TV Pulau Pahawang di Lampung.
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan, Provinsi Lampung harus dapat menangkap peluang dengan berbenah sebagai destinasi wisata yang siap bersaing karena semakin terbukanya akses wisatawan ke Lampung.

“Lampung Krakatau Festival 2017 harus mampu menjadi atraksi wisata yang menarik, sekaligus menjadi sarana promosi bagi destinasi wisata dengan atraksi dan fasilitas penunjangnya serta tetap mengangkat dan melestarikan seni budaya asli daerah. Kami menargetkan festival ini akan mendatangkan 30.000 kunjungan wisatawan,” katanya.

Provinsi Lampung memiliki daya tarik wisata budaya, alam, dan buatan manusia. Melalui festival, Lampung ingin mengenalkan destinasi wisata unggulannya antara lain Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu, serta Taman Nasional Way Kambas kepada wisatawan.

Komunitas Geotrek Mata Bumi mengelilingi Gunung Anak Krakatau menggunakan perahu di Selat Sunda, 7 Juni 2015. Mereka menuju kompleks Gunung Anak Krakatau, untuk berwisata sekaligus belajar bersama tentang geologi dan geografi.KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Komunitas Geotrek Mata Bumi mengelilingi Gunung Anak Krakatau menggunakan perahu di Selat Sunda, 7 Juni 2015. Mereka menuju kompleks Gunung Anak Krakatau, untuk berwisata sekaligus belajar bersama tentang geologi dan geografi.
Pada LKF 2017 wisatawan bisa ikut tur ke Gunung Anak Krakatau, melihat keindahan pesta pantai yang digelar di beberapa pantai cantik di Lampung, seperti Pulau Tangkil dan Pantai Mutun di Kabupaten Pesawaran.

Lampung juga memiliki 64 air terjun dan 7 kawasan Taman Nasional Way Kambas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Teluk Kiluan, Tanjung Setia dan Wisata Bahari Krui, Menara Siger, Gunung Anak Krakatau dan Pulau Sebesi serta Kawasan Wisata Kota Bandar Lampung. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com