Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Manfaatkan Momentum Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEANTA

Kompas.com - 09/08/2017, 16:12 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan akan memanfaatkan momentum Indonesia yang menjadi tuan rumah The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017.

"Terima kasih sekali sudah menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Ini mengajukannya tidak mudah. Jadi kita sudah siapkan beberapa destinasi unggulan Indonesia untuk dikunjungi para tamu semuanya," ujarnya saat pembukaan acara gala dinner, Selasa (8/8/2017).

Puluhan perwakilan pariwisata dari seluruh negara di ASEAN datang ke Indonesia untuk merayakan penghargaan ke 30 dari ASEAN Tourism Association (ASEANTA), sebagai induk asosiasi pariwisata di Asia Tenggara.

(BACA: Lima Festival Indonesia Dipromosikan Bersama di ASEAN)

Ajang kompetisi dan penghargaan bergengsi bagi pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN ini dilaksanakan tiap tahun oleh induk asosiasi pariwisata ASEAN. Kini giliran Indonesia menjadi tuan rumah dan melakukan serangkaian acara yang turut mempromosikan Wonderful Indonesia.

Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.
Pertemuan tersebut didahului dengan ASEANTA Meeting yang diikuti para asosiasi pelaku bisnis pariwisata negara ASEAN di antaranya AHRA, airlines, FATA, dan ASEANTA Board Members yang berlangsung di Hotel Hermitage Jakarta pada 6-7 Agustus 2017, kemudian dilanjutkan jamuan makan malam dari Pemprov DKI Jakarta dengan top agent airlines, media, dan ASEANTA Board di Balaikota Jakarta.

Setelah itu, Selasa (8/8/2017) malam ada gala dinner sekaligus pembacaan penghargaan para pemenang.

Sekitar 350 undangan di antaranya pimpinan ASEANTA; Deputy Presiden SAM Cheah, Secretary General of ASEANTA Margaret Heng, dan Treasury of ASEANTA Supawan Tanomkieatipume, para duta besar negara sahabat, General Secretary of ASEAN Country, pajabat dari instansi terkait, asosiasi pariwisata, perwakilan enam airlines, serta para nominasi penghargaan.

Arumba, salah satu pertunjukan dalam Angklung Pride 6 di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2016).KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA Arumba, salah satu pertunjukan dalam Angklung Pride 6 di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2016).
Berlanjut mulai Rabu (9/8/2017), Kementerian Pariwisata mengadakan Fam Trip yang diikuti 84 peserta dari travel agent atau tour operator, dan media/travel journalist dari ASEAN, China, Hongkong, Malaysia, Jepang, Kuwait, UEA, Bangladesh, dan India.

"Kita sudah mempersiapkan beberapa destinasi yang akan dikunjungi, mulai Jakarta city tour kemudian dilanjutkan ke Belitung, Bandung, Solo, Yogyakarta, Bali, dan Malang," ungkap Arief Yahya.

Fam Trip tersebut diselenggarakan 9-11 Agustus 2017. Turut serta juga dari 6 perusahaan penerbangan yakni; Garuda Indonesia, Thai Airways, Singapore Airlines, Philippine Airlines, Royal Brunei, dan AirAsia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com