Hotel Bergaya Klasik di Tengah Kota Yogyakarta - Kompas.com

Hotel Bergaya Klasik di Tengah Kota Yogyakarta

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 11/08/2017, 08:27 WIB
Kamar suite di Hotel Pesonna Tugu, Yogyakarta.Dok. Pesonna Hotel Yogyakarta Kamar suite di Hotel Pesonna Tugu, Yogyakarta.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menginap di Yogyakarta kini tak perlu sulit. Sudah banyak pilihan dari segi bujet, fasilitas, lokasi tempat menginap, hingga suasana yang ditawarkan penginapan tersebut.

Salah satu opsi menginap dengan suasana klasik, dengan tetap mengutamakan fasilitas bintang empat, yaitu Hotel Pesonna Tugu, Yogyakarta. Hotel ini juga hanya berjarak lima menit ke kawasan Malioboro dan Tugu Yogyakarta.

Hotel yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro nomor 99 Bumijo, Jetis, Yogyakarya ini menyuguhkan suasana  klasik ala kolonial.

(BACA: Tempat Minum Kopi Asyik Bergaya London di Yogyakarta)

Kesan tersebut sudah terlihat dari arsitektur gedung dengan tiang-tiang pancang dan interior-interior dalam yang klasik, salah satunya kramik menggunakan tegel kunci, yang populer di era 1920-an.

"Konsep klasik kolonial ini tidak lepas dari lokasi Tugu yang dulu tempat bersejarah, rumahnya para bangsawan Belanda. Jadi mengadopsi sejarah zaman kolonial dulu," ungkap PR Manager Pesonna Tugu Yogyakarta, Diaz Widyastari, Sabtu (5/7/2017).

Fasilitas kolam renang yang ditawarkan Hotel Pesonna Tugu, Yogyakarta.Dok. Pesonna Hotel Yogyakarta Fasilitas kolam renang yang ditawarkan Hotel Pesonna Tugu, Yogyakarta.
Namun hotel ini tidak seperti hotel bergaya kolonial lain yang terkesan menyeramkan. Hotel Pesonna Tugu merupakan bangunan baru, juga dengan fasilitas dan standar berbintang, membuat tamu bisa tetap menikmati suasana klasik kolonial tersebut.

(BACA: Gudeg Juminten di Yogyakarta yang Menjaga Kualitasnya Hampir Satu Abad)

Dari segi fasilitas, Diaz mengatakan Hotel Pesonna Tugu merupakan kelas bintang tiga dengan fasilitas bintang empat. Fasilitas unggulannya antara lain seperti kolam renang, yang bisa dinikmati semua kalangan.

Di hotel ini terdapat 138 kamar yang terdiri dari 106 kamar deluxe, 30 kamar panorama, dan dua kamar suite. Untuk menjaga waktu istirahat pengunjungnya, di dalam kamar, sudah terdapat bed (King Coil) pilihan twin atau single, juga kettle dan coffee-tea set, mini-bar, safe deposit box, LED TV, dan kulkas.

Hotel Pesonna Tugu YogyakartaDok. Pesonna Hotel Yogyakarta Hotel Pesonna Tugu Yogyakarta
Salah satu yang ditonjolkan saat Anda menginap di sini ialah halal konsep. Mulai kelengkapan alat ibadah, resto yang dijamin halal dan tidak menjual alkohol, hingga para stafnya yang juga berhijab.

"Jadi jangan khawatir, sesuai tagline atau slogan Pesonna Tugu, yakni 'Lifestyle and Halal Concept'," ujar Diaz.

Bagi pengunjung yang ingin mengadakan meeting dan event, terdapat dua meeting room. Yaitu Diamond dengan kapasitas 100 orang dan Saphire dengan kapasitas untuk 30 orang.

Kuliner unik

Hotel memang tak lepas dari suguhan kulinernya. Selain bisa menikmati kuliner khas Yogyakarta, di sini juga terdapat kuliner unik yang ternyata berasal dari daerah Yogyakarta.

Hidangan Burung Puyuh Perancis di Hotel Pesonna Tugu, Jogjakarta, Sabtu (5/8/2017).                               KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Hidangan Burung Puyuh Perancis di Hotel Pesonna Tugu, Jogjakarta, Sabtu (5/8/2017).
Yaitu hidangan puyuh perancis atau yang kerap disebut manuk londo. Daging burung puyuh sebagai bahan utama tersebut merupakan persilangan puyuh lokal dengan burung puyuh perancis (French Quail).

Konon persilangan yang banyak dilakukan peternak di Bantul tersebut menghasilkan daging yang lembut, rendah kolesterol, kaya protein, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Burung puyuh perancis tersebut diolah dalam beberapa hidangan dengan cita rasa yang khas, seperti Puyuh Perancis Saus Lada Hitam, Puyuh Perancis Saus Barbeque, dan Puyuh Belanda Goreng Sambal Penyet.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM