Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan 17 Agustus, 17 Scooterist Malaysia Touring ke Indonesia

Kompas.com - 17/08/2017, 10:17 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sebanyak 17 pengendara motor scooter (scooterist) asal Sarawak, Malaysia melakukan perjalanan lintas negara ke wilayah Kalimantan Barat.

Rombongan pengendara motor pabrikan asal Italia ini sengaja datang untuk merasakan langsung nuansa dan suasana kemeriahan peringatan HUT RI.

Para scooterist yang tergabung dalam Serian Division Vespa Fan Club ini mulai melakukan perjalanan dari Kuching dengan tujuan Pontianak pada Senin (14/8/2017).

Dengan pengawalan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar, para scooterist ini melaju perlahan dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong menuju kota Pontianak.

(BACA: KJRI Kuching Promosikan Festival Wonderful Indonesia di Sarawak)

Ketua Club, Chai Chee Onn mengungkapkan, tidak ada kendala yang berarti dalam perjalanan dari Kuching menuju Pontianak yang berjarak kurang lebih 450 kilometer itu. Mereka berangkat pagi hari sekitar pukul 06.00 waktu setempat dan tiba di Pontianak pada pukul 17.30 WIB.

Meski tidak ada kendala dalam perjalanan, pada saat akan berangkat ada satu scooter yang mengalami masalah mesin, sehingga batal berangkat karena akan membutuhkan waktu untuk memperbaikinya.

"Tidak ada kendala dalam perjalanan dan juga tidak bisa jalan laju, jadi jalan pelan saja sambil bersantai," ujar Chai, Rabu (16/8/2018).

(BACA: Keliling Ho Chi Minh dengan Vespa? Asyik...)

Chai menambahkan, mereka sengaja datang dan merencanakan jauh hari sebelumnya perjalanan ini supaya bisa bertepatan dengan momentum peringatan HUT RI.

Rombongan scooterist asal Malaysia, Serian Division Vespa Fan Club saat melakukan perjalanan lintas negara ke Kalimantan Barat, Senin (14/8/2017).KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Rombongan scooterist asal Malaysia, Serian Division Vespa Fan Club saat melakukan perjalanan lintas negara ke Kalimantan Barat, Senin (14/8/2017).
Selain mempersiapkan kendaraan, mereka juga mempersiapkan dan mengurus dokumen perjalanan karena memang tidak mudah untuk melintas batas menggunakan kendaraan dengan mesin cc silinder kecil.

"Kita sengaja datang untuk merasakan suasana peringatan Kemerdekaan di Indonesia, selain itu juga menjalin silaturahmi dan persaudaraan dengan komunitas Vespa yang ada di Kalimantan Barat," ujar Chai.

Tak hanya menunggangi motor tua keluaran pabrikan Piaggio, usia rata-rata mereka berkisar antara 50 hingga 70 tahun. Bahkan ada salah satu peserta yang sudah berusia 74 tahun yang mengendarai Vespa Sprint 150cc keluaran tahun 1974.

Selain motor bermesin kanan keluaran Piaggio, ada satu jenis scooter yang menjadi perhatian dalam rombongan, yaitu scooter pabrikan Lambretta keluaran tahun 1962 yang dikendarai Barry Chan.

Menurut Chai, Serian Division Vespa Fan Club sendiri saat ini memiliki 20 lebih anggota yang berasal dari latar belakang yang berbeda. "Di Kuching sendiri hanya terdapat sekitar seratus unit Vespa saja yang ada," ujarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com