Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahkan HUT RI, Hotel di Madiun Membuat Lemper Raksasa

Kompas.com - 17/08/2017, 16:03 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com — Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Hotel Aston Madiun membuat lemper raksasa berukuran 120 cm x 140 cm dan berat mencapai100 kilogram lebih.

Pantauan Kompas.com, lemper kemerdekaan itu berbentuk persegi panjang dengan ketebalan 15 cm. Di atas lemper terdapat tulisan angka 72 dan tulisan Indonesia Kerja Bersama di atas lemper itu.

(BACA: Roti Bluder Cokro Madiun, Diburu Anak Presiden hingga Artis)

Tak sekadar ukuran, bentuk dan warna, si pencipta lemper juga membuat aneka rasa lempernya. Aneka rasa yang disajikan mulai dari abon sapi, abon ayam hingga abon lele.

"Lemper kemerdekaan ini kami buat dengan bahan 60 kg ketan, 20 liter santan kelapa, lima kilogram abon sapi, 40 kilogram abon ayam, dan lima kilogram abon lele," kata chef Hotel Aston Madiun, Aries Trihantoro kepada wartawan, Rabu (16/8/2017) malam.

Untuk memasak lemper raksasa itu butuh waktu 24 jam. Setelah disajikan dan dipamerkan, lemper kemerdekaan ala Aston itu dibagikan kepada pengunjung hotel dan tamu undangan di hotel.

Public Relation Hotel Aston Madiun, Emang Elham Pujiannya mengatakan lemper raksasa sengaja dibuat sebagai bentuk partisipasi hotel dalam merayakan hari kemerdekaan.

"Kami memilih lemper karena makanan yang sangat populer di masyarakat. Filosofi lemper sendiri juga sangat mendalam ketika dipuji hatimu jangan sombong. Atas dasar itu, kami membuat lemper untuk menyambut HUT RI," kata Emang.

Seorang pengunjung, Astri Nur, mengatakan lemper yang disajikan di Aston enak dan empuk. Namun yang paling istimewa karena lemper tersebut berukuran raksasa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com