Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Dijadwalkan Pimpin Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Kompas.com - 22/08/2017, 20:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memimpin arak-arakan Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72 Republik Indonesia di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2017).

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kareta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung.

"Jokowi tentu naik mobil, sedang dirancang oleh tim di Bandung. Nanti beliau akan memimpin arak-arakan karnaval. Nanti beliau akan berhenti di Balai Kota Bandung," kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Teten Masduki, seusai acara jumpa pers Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72 Republik Indonesia di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

BACA: Akhir Pekan Ini, Karnaval Kemerdekaan 2017 Digelar di Kota Bandung

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 09.30 WIB dengan panjang lintasan karnaval 3,8 km. Rute karnaval sendiri mengambil start dari depan Gedung Sate menuju Jl Ir H Juanda (Dago), Jl Merdeka, kemudian Taman Vanda. 

Di Taman Vanda, Jokowi dan Iriana akan turun untuk menyaksikan rangkaian karnaval. Selanjutnya rangkaian karnaval akan menuju Alun-alun Masjid Raya di Jl Asia Afrika.

Presiden Jokowi kenakan rompi khas suku Dayak. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Presiden Jokowi kenakan rompi khas suku Dayak.
"Presiden akan menggunakan kostum Sunda. Ini sedang dipilih jenis kostumnya. Mungkin beskap modern merupakan karya kreatif anak muda tapi tetap berbasis pada beskap Sunda," jelasnya.

Adapun urutan karnaval dimulai dari drum band Changka Panorama Secara TNI-AD, Kuda Kavaleri TNI Angkatan Darat, kendaraan media (bandros), kendaraan Presiden Republik Indonesia, Anoa, kendaraan para menteri, dan kendaraan antik Presiden RI pertama, Soekarno.

Rombongan VVIP diikuti iringan Paskibra, Pramuka, Sisingaan Anak, Museum Kids Care Community, Asia Africa Student, kereta kencana, lingkung seni Dangiang Galuh Pakuan, masyarakat adat Jawa Barat, pencak silat, kuda renggong Sumedang, Keraton Kapangranan Gebang Cigugur, Historia Van Bandung, dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).
 
 
Karnaval juga diikuti rombongan hobi dari Paguyuban Sepedah Baheula dan Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia. Disusul oleh parade kampung adat dan budaya yang mengetengahkan budaya Cigugur Kuningan, Kampung Naga Salawu Tasik, Kampung Adat Kuta Ciamis, Kampung Ujung Jaya Kadipaten Rancakalong Sumedang, Negara Banceuy Subang, Dukuh Pamengpeuk Garut, Cikondang Ciwidey, Adat Ciptagelar Sukabumi, Cangkuang Garut, Mahumud Kabupaten Bandung, Kampung Urug Bogor, Kampung Adat Giri Jaya Gunung Halimun Sukabumi, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, dan Keraton Sumedang Larang.
 
Sebelumnya, Jokowi selalu hadir dalam karnaval kemerdekaan yang telah digelar sejak tahun 2015. Pada 2015, perayaan kemerdekaan bertajuk "Karnaval Khatulistiwa" diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Pada tahun 2016 dilanjutkan dengan "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba" di Parapat dan Balige, Sumatera Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com