Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Membeli Tiket Atraksi Wisata secara Online Kian Populer

Kompas.com - 23/08/2017, 21:07 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya tiket pesawat, penginapan, dan transportasi yang bisa dipesan secara online. Kini, Anda juga bisa membeli tiket banyak atraksi wisata secara online.

"Trennya sekarang bukan hanya booking hotel dan penerbangan, tapi juga atraksi wisata belinya di online karena lebih pasti dan terjamin," ujar Dannis Muhammad, Head of Marketing Traveloka saat konfrensi pers program Jelajah Keindahan Nusantara di Jakarta, Selasa (23/8/2017).

 

Ia menambahkan sejak Traveloka membuka fasilitas tersebut pada 2016, tren penggunanya semakin banyak. Dimulai hanya dengan atraksi-atraksi wisata dan rekreasi besar, saat ini merambah ke atraksi wisata dari operator-operator menengah.

"Awalnya memang hanya dari rekreasi dan atraksi besar macam Kidzania, Universal Studio, tapi sekarang atraksi lokal sudah mulai kita ajak gabung secara online. Seperti rafting dan yang lainnya," kata Danny kepada KompasTravel.

BACA: Ini Atraksi untuk Wisatawan di Yogyakarta Selama Libur Lebaran

 

Dengan memberi akses kerja sama online booking pada operator-operator penyedia jasa atraksi wisata besar sampai menengah, kini Traveloka menjangkau 1.000 partner operator yang bisa dipesan lewat aplikasi dan situsnya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti memandang dengan hal tersebut potensi-potensi atraksi wisata menengah semakin bisa terangkat dan kian tumbuh. Para wisatawan pun mendapat pilihan atraksi wisata yang semakin beragam.

"Semoga trennya semakin baik, lebih banyak destinasi daerah yang bisa online," ujar Esthy dalam kesempatan yang sama.

Dannis menambahkan, uniknya pembeli tiket atraksi wisata online tersebut tidak hanya wisatawan di daerah yang berbeda. Namun juga wisatawan dari kota yang sama dengan lokasi atraksi wisata tersebut.

Untuk segmen usia pengguna, Dannis mengatakan memang didominasi generasi milenial. Generasi usia 35 ke atas baru terbiasa booking online untuk hotel dan transportasi saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com