Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata Edukasi dengan Si Buah Hati, Coba Kota Mini di Lembang

Kompas.com - 26/08/2017, 15:07 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Berwisata bersama si buah hati di akhir pekan tentu sangat dinantikan. Mengajak 'Si Kecil' ke wisata edukatif bisa menjadi pilihan berlibur bagi para orang tua.

Kawasan Lembang, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memang tak pernah habis akan potensi wisata. Sebuah tempat rekreasi baru bertema edukatif kini telah hadir. Adalah Kota Mini, sebuah tempat wisata yang terletak sekawasan dengan Floating Market Lembang.

(BACA: Ketika Anak-anak TK Belajar Jadi Petani di Banyuwangi)

Lokasinya di sebelah selatan area Floating Market, tepat di samping Hijab Swimming Pool. Sesuai namanya, destinasi wisata itu menampilkan deretan bangunan tematik berbentuk minimalis.

Di lokasi ini, anak-anak bisa melakoni berbagai profesi dengan berbagai alat peraga yang nampak seperti asli.

(BACA: Tempat Bermain dan Belajar Anak-anak di Bedugul, Bali)

Anak-anak tinggal pilih, mau menjadi petugas pemadam kebakaran atau merasakan gagahnya menjadi seorang polisi. Bila anak-anak punya minat di bidang medis, bisa juga mencoba menjadi seorang dokter.

"Kota Mini adalah wahana terbaru yang ada di Floating Market di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar. Contohnya ada rumah polisi, pemadam kebakaran, bisa jadi dokter juga, bisa ke rumah salon, ada supermarket juga, jadi anak-anak bakal lebih senang dalam belajar tapi sambil bermain," kata Vegha, pengelola Kota Mini, saat ditemui Kompas.com, Jumat (25/8/2017).

Suasana di Kota Mini Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/8/2017). Lokasi ini merupakan wisata edukatif yang cocok bagi buah hati. KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Suasana di Kota Mini Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/8/2017). Lokasi ini merupakan wisata edukatif yang cocok bagi buah hati.
Ada lebih dari 10 rumah mini dengan tema beragam. Selain berwisata, para orang tua juga bisa melihat minat sang buah hati. Fasilitas wahana bermain anak (playground) juga bisa jadi alternatif untuk anak yang aktif.

"Masuknya melalui Floating Market kemudian kita masuk ke sini (Kota Mini). Ada tiket weekday dan weekend," ujar Vegha.

Paduan wisata edukasi dengan panorama alam khas Bandung utara memang sangat cocok untuk memberi pengalaman tak terlupakan bagi anak. Lokasi itu pun sangat cocok dijadikan spot swafoto.

"Jadi anak-anak bisa belajar mengekspresikan gimana sih menjadi seorang polisi menangkap penjahat itu seperti apa, memadamkan api itu seperti apa. Nah para orang tua juga bisa foto-foto di sini karena di sini banyak sekali spot-spot foto yang bagus," ujar Vegha.

Dini Novianti (35), salah seorang pengunjung tampak asyik merekam aksi sang buah hati saat berbusana bak petugas pemadam kebakaran lengkap dengan seragam dan helm serba merah.

Dini mengaku baru pertama kali datang ke Kota Mini. Ia sengaja mengajak anaknya lantaran tertarik melihat wisata Kota Mini lewat akun sosial media.

Anak-anak pengunjung wisata Kota Mini, Lembang, Bandung Barat, saat tengah mencoba profesi pemadam kebakaran, Jumat (25/8/2017).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Anak-anak pengunjung wisata Kota Mini, Lembang, Bandung Barat, saat tengah mencoba profesi pemadam kebakaran, Jumat (25/8/2017).
"Baru pertama kali kesini sama anak, ciri khasnya dengan balutan serba mini tapi dengan konsep seperti asli. Di sini ada kantor polisi, pemadam kebakaran, pokoknya menarik, " ucap Dini sambil.

Tina Rostian (29), pengunjung asal Jakarta mengaku terkesan dengan ragam wahana edukatif yang disajikan. Ia pun kini bisa mengetahui minat sang anak dalam memilih profesi.

"Anak saya perempuan ternyata pas di bawa ke sini dia sukanya jadi seorang polisi. Jadi bagus untuk para orang tua yang ingin mengetahui minat anak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com