Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urus Visa Selandia Baru Kini Lebih Cepat dan Mudah

Kompas.com - 31/08/2017, 18:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selandia Baru memberikan kemudahan bagi wisatawan Indonesia dengan waktu proses visa yang lebih cepat dan persyaratan dokumen yang lebih sedikit.

Aturan baru ini diformalkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) antara Immigration New Zealand (INZ), Tourism New Zealand (TNZ), dan empat mitra agen perjalanan resmi di Indonesia.

BACA: Mengapa Pilih Liburan di Selandia Baru? Ini 8 Alasannya...

Perjanjian kerja sama ini memperluas kesepakatan sebelumnya yang berfokus pada pelancong bisnis. Anda juga bisa mengajukan aplikasi visa lewat empat agen perjalanan yaitu Dwidaya, Golden Rama, Panorama JTB and Wita Tour.

Taman kaca Lava Glass Sculpture Garden di Taupo, Selandia Baru. Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Taman kaca Lava Glass Sculpture Garden di Taupo, Selandia Baru.
Dengan aturan baru, wisatawan berlibur, grup insentif, dan pelancong bisnis lainnya dari Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari penyelarasan layanan visa yang kini rampung hanya dalam tiga hari.

Selain itu, persyaratan dokumen yang harus turis Indonesia siapkan pun lebih sedikit ketika mengatur perjalanan Selandia Baru jika melalui salah satu dari empat agen perjalanan resmi.

"Ini merupakan hal yang baik untuk memperluas akses kemudahan pemrosesan visa bagi para wisatawan - ini mencerminkan keberhasilan kerja sama kami di pasar Indonesia dan pentingnya pemerintah Selandia Baru menempatkan wisatawan Indonesia sebagai wisatawan yang diutamakan," kata Kepala Imigrasi Selandia Baru, Nigel Bickle seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Kamis (31/8/2017).

BACA: Turis Indonesia, Inilah Waktu Terbaik Liburan di Selandia Baru

Agen perjalanan dipilih berdasarkan kemampuan  untuk menarik pengunjung dengan nilai tinggi dan berisiko rendah ke Selandia Baru.

Bungy jumping di Sungai Waikato, Taupo, Selandia BaruKompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Bungy jumping di Sungai Waikato, Taupo, Selandia Baru
Tourism New Zealand Regional Manager for South and South-East Asia, Steven Dixon mengatakan bahwa pemrosesan visa baru yang efisien merupakan berita bagus bagi wisatawan Indonesia yang jumlah kunjungannya ke Selandia Baru terus meningkat dengan cepat.

"Indonesia adalah salah satu pasar utama bagi kami untuk kegiatan pariwisata maupun bisnis, dan kami mengalami pertumbuhan yang kuat. Hingga akhir bulan Juni 2017, lebih dari 24.000 orang Indonesia mengunjungi Selandia Baru - meningkat 35 persen dari tahun sebelumnya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com