Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan, Jalur Wisata Gunung Salak di Lhokseumawe Macet 5 Jam

Kompas.com - 04/09/2017, 21:09 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Ratusan mobil dan sepeda motor terjebak macet di jalur lintas wisata Gunung Salak, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (3/9/2017).

Kedua lajur dari dan menuju ke gunung yang menjadi destinasi wisata baru di kabupaten itu tampak dipenuhi kendaraan bermotor.

Bahkan, terlihat sejumlah wisatawan terpaksa memakan bekal yang telah dibawa di pinggir jalan lintasan tersebut.

(BACA: Rujak Unik dari Aceh, Berbahan Dasar Batok Kelapa)

Salah seorang pengunjung, Abdul Rafar dari Desa Samakurok, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara menyebutkan dirinya bahkan belum tiba di lokasi obyek wisata yang mirip dengan Gunuk Salak, di Bogor, Jawa Barat itu.

“Macet ini disebabkan sebagian pengunjung memarkirkan kendaraan di pinggir jalan. Kan lokasi parkir terbatas. Apalagi ini pengunjung mencapai ribuan orang,” kata Abdul Rafar.

(BACA: Aceh Tawarkan Sejumlah Paket Wisata di Malaysia)

Selain itu, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara diminta membenahi obyek wisata itu.

“Salah satu yang dibenahi misalnya soal lalu lintas. Ini harus ada petugas di kawasan ini, lalu soal parkir dan lain sebagainya,” kata Rafar.

Pengunjung lainnya meminta agar pemerintah memasang penerangan lampu jalan di kawasan itu. Pasalnya, jika sore hari sering turun kabut dan rawat kecelakaan bagi wisatawan.

Warga bersantap sambil menunggu macet yang terurai di jalur wisata Gunung Salak, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/9/2017).KOMPAS.com/MASRIADI Warga bersantap sambil menunggu macet yang terurai di jalur wisata Gunung Salak, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/9/2017).
“Semoga ini segera ditata sebaik mungkin oleh pemerintah. Ini kan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah juga,” harap pengunjung lainnya, Aman Rudi, dari Kabupaten Aceh Tengah.

Kemacetan itu baru terurai setelah pukul 20.30 WIB. Sebagian pengunjung kecewa karena tak bisa menyaksikan keindahan alam obyek wisata itu.

Sekadar diketahui obyek wisata ini paling ramai dikunjungi setiap akhir pekan.

Namun liburan Idul Adha kali ini membuat kunjungan bertambah. Mereka berasal dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Timur, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com