Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Rayap, Destinasi Wisata Baru di Aceh Utara

Kompas.com - 05/09/2017, 09:12 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.comSungai Rayap di Desa Panton Rayeuk Sa, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, menjadi destinasi wisata baru di kabupaten itu.

Untuk menuju lokasi itu, bisa melalui jalur Simpang Cunda Kota Lhokseumawe menuju Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Jaraknya sekitar 20 kilometer.

Tidak ada angkutan umum seperti mobil ke sana. Namun, tersedia ojek untuk menuju kawasan itu.

(BACA: Obyek Wisata Baru nan Instagenic di Aceh Utara)

Kawasan obyek wisata ini bersisian dengan Air Terjun Blang Kulam yang tersohor. Namun, destinasi ini baru sekitar lima bulan terakhir dikunjungi masyarakat.

Sebagian masyarakat lokal menyebutnya Sungai Rayap, sebagian lagi menyebutnya Air Terjun Rayap. Pemandangan nan indah dikelilingi hutan.

Air nan bening plus sejuk menjadikan lokasi ini sebagai surga tersembunyi di belantara Aceh Utara. Itu disebabkan air mengalir tidak seluruhnya rata. Sebagian air memecah baru setinggi satu setengah meter.

(BACA: Grojogan Sewu, Air Terjun yang Menyimpan Kisah Mahabarata)

Karena inilah, sebagian masyarakat menganggap sungai ini sebagai air terjun. Namun, secara keseluruhan lebih mirip sungai ketimbang air terjun.

Salah seorang pengunjung, Muhammad Yasir, Senin (4/9/2017) menyebutkan dirinya baru pertama kali mengunjungi air terjun itu. Sayangnya, belum banyak fasilitas publik yang representatif seperti toilet dan mushala untuk tempat beribadah.

“Secara alam, saya akui indah. Namun, perlu dukungan pemerintah agar lebih nyaman dikunjungi,” kata Yasir.

Dia berharap, pembenahan sektor wisata alam itu segera dilakukan. Apalagi, sektor wisata salah satu sumber pendapatan asli daerah.

Jika berkunjung ke sana, akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000. Sedangkan biaya parkir Rp 10.000 dan Rp 5.000 untuk roda dua dan roda empat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com