Bubur Sup Ayam Hangat, Pilihan Sarapan di Cirebon - Kompas.com

Bubur Sup Ayam Hangat, Pilihan Sarapan di Cirebon

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 07/09/2017, 17:36 WIB
Seporsi bubur sup ayam khas Cirebon, berisikan suun, cacahan kol, seledri, bawang, kacang, daging ayam dan kuah kaldu yang amat banyak. Hidangan ini cocok menemani Anda di pagi hari sebelum menjelajahi wisata Cirebon.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seporsi bubur sup ayam khas Cirebon, berisikan suun, cacahan kol, seledri, bawang, kacang, daging ayam dan kuah kaldu yang amat banyak. Hidangan ini cocok menemani Anda di pagi hari sebelum menjelajahi wisata Cirebon.

CIREBON, KOMPAS.com - Berwisata kuliner sejak pagi hari di Kota Cirebon, Anda wajib mencicipi bubur khas ini. Terkenal dengan bubur khas Cirebon, sebenarnya bubur ini bernama bubur sup ayam.

Hidangan hangat ini sangat cocok disantap pada pagi hari. Untuk menemukannya pun tidak sulit, biasanya tersebar di tempat-tempat kuliner pagi seperti alun-alun atau jalan protokol kota.

(BACA: Hanoi Pho, Sup Vietnam yang Otentik Begitu Sederhana)

KompasTravel sempat mencoba salah satu bubur sup ayam yang ada di kawasan alun-alun Kota Cirebon, di sela acara peresmian Hotel Ibis Budget, Rabu (6/9/2017). Sekilas bubur sup ayam ini merupakan bubur ayam dengan kuah yang banyak seperti sup, juga dilengkapi sayur kol dan soun.

"Bedanya di kuahnya, bumbunya lebih kaya kuah bakso tapi kaldu ayam. Terus pakai cacahan kol, sama soun," ujar Rwenda pada KompasTravel, pedagang bubur sup ayam cirebon yang sudah 34 tahun berjualan.

Bubur sup ayam khas Cirebon yang menggunakan kuah sup berkaldu, porsi kuahnya cukup banyak jadi merendam bubur dan semua topingnya.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bubur sup ayam khas Cirebon yang menggunakan kuah sup berkaldu, porsi kuahnya cukup banyak jadi merendam bubur dan semua topingnya.

Selain itu buburnya juga tak mudah berair. Menurutnya, sengaja dibuat lebih padat dengan komposisi perbandingan beras dan air yang tidak terlalu jauh, karena kuahnya sudah cukup banyak.

(BACA: Lezatnya Empal Asem Cirebon, Ini Empal Gentong Tanpa Santan)

Kuah panasnya diberikan terakhir, di atas kol, soun, sledri, daun bawang, kacang, suwiran daging ayam, dan kerupuk. Semuanya pun terendam kuahnya. Rasa kuahnya lebih gurih dari kuah sop, tapi tidak se asin air kaldu kuning yang biasa dijumpai di bubur ayam.

Ada satu rasa yang begitu "nendang" di lidah, yaitu hangat pedas dari merica. Ternyata salah satu resep bubur ini menggunakan merica asli yang digiling sendiri. Pedasnya merica bercampur gurihnya kaldu bercampur menjadi rasa yang menggugah sarapan Anda.

Untuk mencoba kuliner ini, tentunya Anda harus bangun pagi, mulai pukul 06.00 WIB. Lewat dari jam 09.00 WIB Anda hanya bisa gigit jari karena kehabisan. Penjual bubur sup ayam cirebon yang cukup tersohor di tengah kota ialah Bubur Sop Ayam Sumber Rezeki di Pujasera Alun-Alun Cirebon, dan Bubur Sop Ayam Jalan Karanggetas, Kejaksan.

Gerobak penjual bubur sup ayam khas Cirebon di sentra kuliner Alun-alun Kota Cirebon.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gerobak penjual bubur sup ayam khas Cirebon di sentra kuliner Alun-alun Kota Cirebon.

Harga satu mangkuk Rp 13.000. Hmm.., jangan sampai kelewatan sarapan dengan bubur ini kalau ada di Cirebon. Dijamin Anda akan kuat untuk lanjut mengeksplor pesona keindahan wisata Cirebon.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM