Kini, Turis Indonesia Bisa Urus Visa Jepang di Lotte Shopping Avenue - Kompas.com

Kini, Turis Indonesia Bisa Urus Visa Jepang di Lotte Shopping Avenue

Silvita Agmasari
Kompas.com - 08/09/2017, 12:03 WIB
Gunung Fuji dengan latar belakang Pagoda Chureito di Prefektur Yamanashi, Jepang, Rabu (30/11/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gunung Fuji dengan latar belakang Pagoda Chureito di Prefektur Yamanashi, Jepang, Rabu (30/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Jepang hari ini meresmikan Japan Visa Application Center (JVAC). Hal ini disebabkan peningkatan jumlah aplikasi visa Jepang yang sangat signifikan. 

Mulai Jumat (15/9/2017), pelampir visa ke Jepang dapat membuat visa di JVAC yang terletak di Mal Lotte Shopping Avenue, lantai 4 unit 33. Tepatnya di sebelah bioskop XXI. 

"Kecenderungan wisatawan Indonesia yang meningkat dengan sangat signifikan ke Jepang menjadi dasar kami membuka JVAC ini. Data kami di Kedutaan Besar Jepang, dari tahun ini aplikasi visa sudah meningkat 30 persen, dan lewat aplikasi e-paspor meningkat menjadi 40 persen," sebut kepala bagian konsuler kedutaan Jepang, Hiroshi Matahira saat acara peluncuran JVA  di Mal Lotte Shopping Avenue, Jumat (8/9/2017). 

BACA: Tiket ke Jepang Mulai Rp 3.298.000 PP di Pameran Wisata Ini

Selain jumlah aplikasi visa ke Jepang yang meningkat signifikan, dijelaskan pada siaran pers yang diterima bahwa posisi Kedutaan Besar Jepang yang terletak di Jalan M.H. Thamrin juga menjadi hambatan vagi para pelampir visa.

Pembukaan Japan Visa Application CentreKOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Pembukaan Japan Visa Application Centre

 

Terlebih adanya aturan nomor kendaraan ganjil-genap, larangan kendaraan roda dua melintas, dan serta tidak tersedianya tempat parkir di Gedung Kedutaan Besar Jepang.

"Perbedaanya membuat visa di sini dengan di kantor Kedubes, biasanya kalau mengantre di kantor Kedubes akan mengantri di luar. Kena panas dan hujan, karena biasa mereka punya aturan pengamanan yang cukup ketat. Di sini lingkungannya lebih secure dan nyaman," sebut  COO FVS Global, penyedia lokasi aplikasi visa untuk negara, Sriram Narayan. 

BACA: Sejak 3 Tahun Lalu, Turis Indonesia Lebih Mandiri ke Jepang

Meski seluruh proses pelampiran dan pengambilan visa dilakukan JVAC, perlu dicatat bahwa keputusan akan aplikasi visa tetap dibuat oleh Kedutaan Besar. 

JVAC juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan wisata di Jepang, dan mencapai target 40 juta wisatawan asing pada tahun 2020. Pada 2016 ada 138.327 wisatawan Indonesia yang melampirkan visa ke Jepang, dengan komposisi 70 persen melampirkan dengan paspor biasa dan 30 persen melampirkan dengan e-paspor.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM