Lomba Perahu Hias Jadi Pembuka Festival Pesta Teluk Ambon 2017 - Kompas.com

Lomba Perahu Hias Jadi Pembuka Festival Pesta Teluk Ambon 2017

Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Kompas.com - 09/09/2017, 12:25 WIB
Penampilan sejumlah perahu hias menghiasi Teluk Ambon saat pembukaan Festival Pesta Teluk Ambon 2017, Jumat (8/9/2017).KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Penampilan sejumlah perahu hias menghiasi Teluk Ambon saat pembukaan Festival Pesta Teluk Ambon 2017, Jumat (8/9/2017).

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Said Assagaff resmi membuka Festival Pesta Teluk Ambon 2017 yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Jembatan Merah Putih (JMP), Desa Hative Kecil, Ambon, Jumat (8/9/2017).

Pembukaan Festival Pesta Teluk Ambon 2017 dimeriahkan dengan atraksi perahu hias yang berputar-putar mengitari Jembatan Merah Putih. Selain itu acara pembukaan Festival Teluk Ambon juga dimeriahkan dengan pementasan musik oleh sejumlah penyanyi.

(BACA: Lomba Manggurebe Arumbae Sedot Perhatian Warga Ambon)

Pembukaan Pesta Teluk Ambon semakin semarak karena di saat bersamaan berlangsung lomba perahu hias yang menjadi pembuka festival tahunan tersebut. Lomba perahu hias diikuti oleh seluruh SKPD Pemerintah Provinsi Maluku.

Dalam lomba setiap peserta menghiasi perahunya sedemikian rupa, ada yang berbentuk rumah dan ada pula yang mengiasi perahunya seperti Jembatan Merah Putih.

Salah satu peserta yang tampil dalam lomba itu juga membuat atraksi dengan menangkap ikan berukuran raksasa yang sengaja dibuat dari gabus.

(BACA: Belum Nikmati Ikan Ambon? Anda Belum ke Ambon...)

Gubernur Maluku Said Assagaff pun menyempatkan bermain jetski menuju perairan Teluk Ambon untuk menyapa para peserta lomba perahu hias. “Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Said dalam sambutannya.

Patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (25/6/2012).KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Patung pahlawan nasional Martha Christina Tiahahu di Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Senin (25/6/2012).
Dia mengatakan Festival Pesta Teluk Ambon 2017 sebagai salah satu cara Pemerintah Provinsi Maluku dalam mempromosikan Teluk Ambon, sebagai salah satu ikon wisata di Maluku baik itu wisata alam yang terkenal keindahan laut, pantai, maupun wisata budaya dan sejarah.

"Festival Pesta Teluk Ambon ini merupakan wujud nyata untuk mempromosikan pariwisata di Maluku," kata Assagaf.

Sementara itu, Deputi Wisata Alam dan Buatan, Kementrian Pariwisata, Daeng Nanjaya mengaku Kota Ambon memiliki potensi pariwisata yang sangat potensial, misalnya pantai Liang, Pantai Natsepa dan banyak lagi yang ada di Kota Ambon.

Menurutnya Ambon merupakan salah satu di antara kota paling populer yang pulau pulaunya memiliki ciri khas sebagai destinasi wisata bahari.

Dia berharap dengan adanya kegiatan Festival Pesta Teluk Ambon 2017 ini pemerintah dapat mempromosikan berbagai destinasi wisata yang ada di kota Ambon untuk dikunjungi wisatawan.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan tahun ini dan saya sangat berharap pemerintah dapat mempromosikan produk wisata di Kota Ambon lewat kegiatan festival ini," kata Daeng Nanjaya.

Anak-anak bermain bola di tepi Pantai Natsepa, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (22/6/2013). Pantai Natsepa merupakan salah satu lokasi wisata di Kota Ambon dan Maluku Tengah yang banyak dikunjungi, terutama saat liburan sekolah.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Anak-anak bermain bola di tepi Pantai Natsepa, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Sabtu (22/6/2013). Pantai Natsepa merupakan salah satu lokasi wisata di Kota Ambon dan Maluku Tengah yang banyak dikunjungi, terutama saat liburan sekolah.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Habiba Saimima mengatakan Pesta Teluk Ambon merupakan agenda pariwisata daerah dan telah menjadi agenda nasional yang selalu dilaksanakan setiap tahun untuk menarik kunjungan wisatawan ke Maluku.

"Kegiatan ini bisa menjadi pintu untuk para wisatawan masuk ke Maluku karena kota Ambon memiliki pantai yang indah, air yang jernih dan pemandangan laut yang menakjubkan," kata Habiba.

Habiba menambahkan, kegiatan tersebut juga sebagai ajang promosi pariwisata Maluku khususnya wisata bahari.

PenulisKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM