Satu Bulan Penuh, Hidangan Bumi Pasundan Diboyong ke Serpong - Kompas.com

Satu Bulan Penuh, Hidangan Bumi Pasundan Diboyong ke Serpong

Silvita Agmasari
Kompas.com - 10/09/2017, 10:15 WIB
Festival Kuliner Serpong bertema Raos Pisan Euy diselenggarakan dari tanggal 10 Agutus-10 September 2017 di Summarecon Mal Serpong. KOMPAS.com/Andreas Lukas Altobeli Festival Kuliner Serpong bertema Raos Pisan Euy diselenggarakan dari tanggal 10 Agutus-10 September 2017 di Summarecon Mal Serpong.

TANGERANG, KOMPAS.com - Cita rasa hidangan Sunda bukan lagi hal yang asing bagi lidah masyarakat yang tinggal di daerah Jabodetabek.

Bumi Pasundan sedari dulu menjadi destinasi utama dari warga Jakarta melepas penat di akhir pekan. Entah untuk berkelana di alam yang masih asri atau berkelana dalam rasa kuliner yang legendaris.

(BACA: Bingung Mencari Aneka Sate Enak di Bandung? Ini Tempatnya...)

Oleh karena itu ketika Summarecon Mal Serpong menyelenggarakan Festival Kuliner Serpong (FKS) dari 10 Agustus hingga 10 September 2017, dengan tema "Raos Pisan Euy," antusiasme masyarakat untuk ikut serta begitu tinggi.

"Saya sudah datang ke dua kali ke FKS ini, kalau akhir pekan jangan harap dapat tempat duduk. Saking ramainya kita harus menunggu di sebelah orang yang sedang makan," kata Lukas (29) asal Tangerang.

(BACA: Merasakan Kelezatan Sate Kelinci di Kaliurang)

Kali kedua ia datang ke FKS hari Kamis (7/9/2017), ia pun masih sama takjub. Sebab FKS yang dibuka pukul 16.00 WIB pada hari biasa, ternyata tetap ramai dikunjungi, dan langsung ada antrean ketika gerai-gerai makanan di FKS dibuka.

Ada 97 gerai makanan yang menghadirkan hidangan autentik Jawa Barat dan Nusantara. Beberapa di antaranya adalah gerai hidangan legendaris di Jawa Barat.

(BACA: Nasi Jamblang Ibad Otoy Cirebon Bikin Ketagihan)

Sebut saja Mi Kocok Bandung Marika, Kupat Tahu Gempol, Batagor Riri, Martabak Bandung Fransiskus, Nasi Jamblang Mang Dul, dan masih banyak lainnya.

Sate kelinci Karmel Lembang, Bandung hadir di acara Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (07/09/2017). FKS kali ini mengangkat tema Dari Timur Menuju Barat, berbagai macam kuliner dari tanah pasundan Jawa Barat ada di acara ini seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang dan lain-lain, acara ini akan berakhir pada 10 September 2017 mendatang.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sate kelinci Karmel Lembang, Bandung hadir di acara Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (07/09/2017). FKS kali ini mengangkat tema Dari Timur Menuju Barat, berbagai macam kuliner dari tanah pasundan Jawa Barat ada di acara ini seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang dan lain-lain, acara ini akan berakhir pada 10 September 2017 mendatang.
Banyak di antara gerai-gerai tersebut yang memiliki pelanggan setia. Sehingga tak sulit untuk menentukan hidangan dari sekian banyak gerai yang hadir. Misalkan Edi (45), asal Jakarta yang langsung menuju gerai Sate Kelinci Karmel Lembang Mas Narno saat mengunjungi FKS, Kamis (7/9/2017).

"Ini sudah biasa makan kalau ke Lembang, kebetulan ada di sini. Saya sendiri suka makan sate kelinci. Cuma bedanya kalau di Lembang ada daging kelincinya digantung. Di sini tak ada ya," kata Edi sambil tertawa.

(BACA: Walau Selalu Kebanjiran Pembeli, Wajib Beli Oleh-oleh Tahu Susu Lembang)

Narno sang penjual Sate Kelinci Karmel dari Lembang mengatakan FKS sempat membuatnya kewalahan. Di akhir pekan, lebih dari 2.000 tusuk sate kelinci laku terjual. Untuk mengakali ia biasanya telah memarinasi sate dan memanggang setengah matang sehingga ketika ada yang memesan, dibakar sebentar sate sudah matang sempurna.

Tak hanya hidangan khas Jawa Barat, hidangan dari daerah lain Nusantara seperti Tangerang, Bali, Yogyakarta, dan Malang juga turut serta di FKS. seperti gerai Baso Bagoja dari Pasar Lama Tangerang dan Seblak Jeletet dari Jakarta yang selalu ramai antrean dari para pengunjung FKS.

Bersantap Sambil Nostalgia

Hal yang menarik dari FKS, selain berpesta kuliner dengan hidangan mantap ala Nusantara, pengunjung juga bersantap di ruangan terbuka dengan desain gerai tradisional yang dibangun dari kayu dan atap daun rumbia.

Suasana layaknya bersantap di Bumi Pasundan juga semakin terasa dengan penambahan repika bangunan terkenal di Bandung, Gedung Sate dan iringan lagu dari suling bambu Sunda yang menimbulkan bunyi yang khas.

Salah seorang pengunjung memainkan permainan tradisional Pojok Dolanan di acara Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (07/09/2017). FKS kali ini mengangkat tema Dari Timur Menuju Barat, berbagai macam kuliner dari tanah pasundan Jawa Barat ada di acara ini seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang dan lain-lain, acara ini akan berakhir pada 10 September 2017 mendatang.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Salah seorang pengunjung memainkan permainan tradisional Pojok Dolanan di acara Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (07/09/2017). FKS kali ini mengangkat tema Dari Timur Menuju Barat, berbagai macam kuliner dari tanah pasundan Jawa Barat ada di acara ini seperti kupat tahu, cireng, nasi jamblang dan lain-lain, acara ini akan berakhir pada 10 September 2017 mendatang.
Di malam istimewa, pengunjung senior FKS dihibur oleh penyanyi dari Jawa Barat seperti Dewi Yull dan Hedi Yunus, permainan musik angklung, dan tarian jaipong.

Sedangkan generasi di bawahnya dapat menikmati aneka permainan khas Pasar Malam di Pojok Dolanan juga membeli permen dan camilan di zaman kecil.

Bagi pengunjung yang membawa anak balita juga dapat mengajak anak-anak untuk naik odong-odong dan mendengarkan cerita dongeng, serta penampilan dari sekolah-sekolah sekitar.

FKS menjadi satu paket lengkap untuk bersantai bersama keluarga atau teman, sambil bersantap, berkumpul, dan bernostalgia. Kabar gembira bagi Anda penggemar kuliner, FKS merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Summarecon Mal Serpong. Jadi mari menunggu daerah mana lagi di Indonesia yang akan "diboyong" ke FKS tahun depan.

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM