Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Pemandangan Gunung dan Pantai Selatan Pulau Timor

Kompas.com - 11/09/2017, 07:48 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Pemandangan gunung dan laut di Selatan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT), sangat indah dan memesona.

Saat ini, dengan kondisi infrastruktur berupa jalan hotmix yang telah mulus membuat tempat yang menarik yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) itu, bisa dikunjungi dengan menggunakan jenis kendaraan apa saja.

(BACA: Konser Wonderful Indonesia di Atambua, Slank Ajak Timor Leste Datang)

Ada sejumlah obyek wisata menarik di bagian Selatan Pulau Timor yang sudah terkenal, di antaranya Pantai Kolbano, Pantai Oetune, Pantai Ob dan pegunungan di wilayah Kecamatan Kolbano dan Kecamatan Nunkolo serta Kecamatan Kotolin, Kabupaten TTS.

Khusus untuk Pantai Kolbano, pantai ini menawarkan keistimewaan lebih daripada pantai-pantai yang lain. Pantai Kolbano memiliki air yang begitu jernih dan di sepanjang pantainya dipenuhi dengan bebatuan warna yang halus.

(BACA: Mau Nonton Lomba Pacuan Kuda di Pinggir Pantai? Kunjungi Pulau Timor)

Di pantai itu juga terdapat sebuah bongkahan batu besar berbentuk seperti kepala singa atau kepala manusia yang disebut Fatu Un. Ini menjadi salah satu ikon di pantai ini.

Untuk mengunjungi wilayah Pantai Kolbano, wisatawan bisa menempuhnya dari Kota Soe (ibu kota Kabupaten TTS) sekitar 80 kilometer dan dari Kota Kupang sekitar 149 kilometer.

Pantai Ob di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BERE Pantai Ob di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur.
Namun sebelum mendatangi Pantai Kolbano, jangan lupa mampir terlebih dahulu di Pantai Oetune, yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Kolbano.

Di pantai itu, bentangan pasir halus, pohon nyiur, ketapang, dan cemara laut adalah beberapa hiasan yang sangat indah.

(BACA: Berita Foto: Jalan-jalan Sore di Pantai Patong Phuket)

Apalagi pasir pantainya yang menyerupai padang pasir di negara Timur Tengah menjadi daya tarik yang sulit untuk dilewatkan. Pantai itu pun menjadi daya tarik buat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selanjutnya pantai Ob, yang berada di Desa Ob, Kecamatan Nunkolo. Pantai itu juga tak kalah cantiknya dengan dua pantai sebelumnya, karena memiliki pasir putih dan warna air laut biru toska, dengan latar belakang pegunungan.

Pantai itu juga memiliki batu warna yang sama persis dengan Pantai Kolbano yang terbentang di sepanjang garis pantai.

Dalam perjalanan sepanjang Selatan Pulau Timor ini wisatawan akan menikmati pemandangan yang elok. Meski rute perjalanan cukup jauh dan melelahkan, namun tidak akan terasa jenuh karena terbayar dengan eksotis alam yang masih belum terjamah.

Namun sayangnya, di sekitar lokasi Pantai Kolbano, Oetune dan Ob tidak ada tempat penginapan maupun toilet bagi pengunjung, sehingga terpaksa harus menyewa rumah warga sekitar.

Pantai Ob di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BERE Pantai Ob di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.
Anggota DPRD Provinsi NTT Jefry Unbanunaek mengatakan, pemerintah pusat telah membangun jalan strategis nasional di wilayah selatan Kabupaten TTS hingga tembus ke Kabupaten Malaka. Hal ini perlu dimanfaatkan pemerintah daerah dengan baik.

"Banyak potensi yang harus dikelola. Salah satu potensi unggulan adalah pariwisata. Pemerintah Daerah TTS harus mengelola keindahan pantai menjadi obyek wisata sehingga bisa mendatangkan pemasukan untuk daerah," kata Jefry kepada KompasTravel, Minggu (10/9/2017).

Jefry berharap pantai yang indah di Selatan Pulau Timor khususnya yang berciri khas batu warna agar tidak ditambang oleh warga dan pengusaha batu warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com