Suka Pedas? Jangan Lewatkan Festival Sambal Nusantara di Resto Ini - Kompas.com

Suka Pedas? Jangan Lewatkan Festival Sambal Nusantara di Resto Ini

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 11/09/2017, 08:21 WIB
Festival Sambal Lara DjonggrangKOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Festival Sambal Lara Djonggrang

JAKARTA, KOMPAS.com - Saking beraneka ragamnya sambal nusantara, salah satu restoran Indonesia di Jakarta ini menyajikan menu 21 sambal nusantara. Pilihan menu tersebut dikeluarkan sejak September 2017 dengan nama Festival Sambal Nusantara.

Ialah Lara Djonggrang, restoran yang mengusung sejarah, romansa dan budaya Indonesia ini mengkurasi dari puluhan sambal yang tersebar dari berbagai pulau di Indonesia, menjadi 21 sambal khas yang populer.

(BACA: Kisah Sambal Bu Rudy yang Melegenda di Surabaya)

"Ini kita kurasi jadi 21, berdasarkan yang cukup populer dan lebih bisa diterima di lidah orang kebanyakan. Karena akan kita perkenalkan ke pelanggan wisatawan asing," kata Alloysius Gonzaga, Manajer Restoran Lara Jonggrang kepada KompasTravel, Kamis (7/9/2017).

Ragam budaya kuliner Indonesia menurutnya banyak yang dibalut dengan lezatnya sambal dari masing-masing daerah.

(BACA: Tak Hanya Pedas, Ayam Geprek Hits ini Gunakan Macam-macam Sambal)

Itulah salah satu alasan Lara Djonggrang mengangkat kembali kekayaan kuliner nusantara khususnya sambal.

Empat dari 21 jenis sambal yang dihadirkan dalam Festival Sambal Nusantara, di Restoran Lara Djonggrang.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Empat dari 21 jenis sambal yang dihadirkan dalam Festival Sambal Nusantara, di Restoran Lara Djonggrang.
Sambal Indonesia adalah salah satu masakan yang penuh dengan warna dan rasa. Sehingga rasanya pun tak hanya pedas, dan warnanya pun tak melulu merah.

Anda bisa merasakan manisnya sambal petis dari Malang, segarnya sambal kecombrang dari Jawa Timur, atau gurihnya sambal roa dari Manado, dan masih banyak lagi.

(BACA: Mengenal Sambal Terasi dari Bangka dan Lombok)

Ada beberapa jenis sambal yang mungkin sulit ditemui di Jakarta. Seperti sambal roa dari Manado, sambal kecombrang dari Jawa Timur, sambal dabu-dabu dari Manado, juga sambal terong ikan jambal dari Malang.

Tirza, PR Marketing dari Resto Lara Djonggrang menjelaskan, aneka sambal tersebut dapat dibeli per paket atau secara ala carte yang cocok dinikmati dengan berbagai macam pilihan makanan Indonesia di sini.

Festival Sambal Lara DjonggrangKOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Festival Sambal Lara Djonggrang
Jadi Anda bisa mengawinkan aneka macam sambal tersebut dengan ragam masakan nusantara, baik yang berasal dari kota yang sama dengan sambalnya ataupun tidak. Seperti gimbal tahu gapit, otak-otak ikan tenggiri palembang, tempe ngawen, cumi goreng bumbu sereh, udang panggang banyu ibo, ayam panggang tomat, ikan gurame goreng mulet garing dan hidangan Indonesia lainnya.

Untuk menyantapnya Anda bisa datang ke Resto Lara Djonggrang di Jalan Cik Di Tiro No.4, Menteng, Jakarta Pusat. Restoran ini buka mulai pukul 11.00 hingga 01.00 WIB.

Untuk harga paket sambalnya Rp 100.000 untuk empat jenis sambal, bebas pilih. Sedangkan jika dibeli secara a la carte Rp 30.000 satu porsi sambal.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM