Serunya Naik Bus Tingkat dari Jakarta ke Solo - Kompas.com

Serunya Naik Bus Tingkat dari Jakarta ke Solo

Silvita Agmasari
Kompas.com - 12/09/2017, 12:05 WIB
Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-WonogiriPT Putera Mulya Sejahtera Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir tahun 2016, pasar bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Pulau Jawa kedatangan armada baru. PT Putera Mulya Sejahtera atau lebih dikenal sebagai PO Putera Mulya menghadirkan dua unit bus double decker. Inilah bus tingkat pertama yang beroperasi di Pulau Jawa.

Peluncuran bus double decker tersebut disambut baik oleh masyarakat, hingga dua unit bus yang sama ditambah lagi oleh PO Putera Mulya pada Juni 2017.

"Kami ingin transportasi bus tidak lagi dipandang sebelah mata. Pada saatnya nanti, ketika jalan tol sudah menghubungkan kota-kota di Indonesia, khususnya di Jawa, bus-bus semacam ini yang akan banyak dibutuhkan,” kata pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (23/6/2017).

BACA: Ini Rute dan Tarif Bus Tingkat AKAP di Indonesia

Bus double decker PO Putera Mulya dioperasikan melalui rute Bogor-Jakarta- Solo-Wonogiri. Rute tersebut menurut Lesani dipilih karena selalu kembung, alis penuh penumpang. Bahkan Lesani menyebut sampai ada pelanggan fanatik.

Penasaran dengan bus double decker pertama di Pulau Jawa, KompasTravel mencoba melakukan perjalanan dari Jakarta ke Solo menumpang bus keluaran produsen Swedia yang disebut Scania K4101B Opticruise.

Elegant class di lantai satu bus double decker PO Putera Mulya.KOMPAS.com/ Lulu Cinantya Mahendra Elegant class di lantai satu bus double decker PO Putera Mulya.

Perjalanan KompasTravel dimulai pada 31 Agustus 2017, bertepatan dengan malam takbiran jelang Hari Raya Idul Adha.

Perjalanan dimulai dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Setelah berangkat, bus mengambil penumpang di agen bus yang terletak di Bekasi, kemudian melaju ke Solo. 

BACA: Bus Tingkat Antar Kota Antar Provinsi Semakin Diminati

Akibat jalan yang cukup padat, terutama saat keluar Jakarta, akhirnya perjalanan dari Jakarta ke Solo lewat jalur pantura ditempuh selama 12 jam.

KompasTravel berbincang dengan Agus (27), salah seorang penumpang yang sebelumnya pernah bepergian dengan bus double decker PO Putera Mulya. Ia mengatakan pernah menempuh perjalanan dari Bekasi ke Solo hanya dalam waktu sembilan jam.

Waktu perjalanan yang cukup panjang akhirnya saya manfaatkan untuk berisitirahat di bus eksklusif ini.

Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri. Di lantai atas tersedia 38 kursi, semuanya sudah dilengkapi sarana hiburan audio-video on demand.PT Putera Mulya Sejahtera Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri. Di lantai atas tersedia 38 kursi, semuanya sudah dilengkapi sarana hiburan audio-video on demand.

Bus double decker PO Putera Mulya memang dikhususkan untuk kelas eksekutif. Di lantai satu, yang diberi nama Elegant Class hanya tersedia enam kursi. Sedangkan di lantai dua, yang berkapasitas 38 kursi diberi nama First Executive Class.

Fasilitas yang disediakan antara lain pendingin yang dapat diatur, selimut, bantal, video dan audio on demand alias layar kecil di masing-masing kursi dipenuhi film dan lagu terkini. Tersedia pula dispenser air, ruang untuk merokok, dan tentunya toilet.

BACA: Bukan di Jawa, Ini Pelopor Bus Tingkat AKAP di Indonesia

Mari membahas kursi, salah satu elemen penting dari perjalanan bus. Di bus double decker PO Putera Mulya, kursi menjadi pembeda utama antara Elegant Class dan First Executive Class.

Pada kursi di Elegant Class,  hanya tersedia enam kursi berbentuk cangkang dengan penyetelan elektrik untuk merebahkan kursi. Sudut merebahkan kursi hampir sempurna untuk posisi tidur terlentang, sehingga membuat perjalanan jarak jauh semakin nyaman.

Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri. Di lantai atas tersedia 38 kursi, semuanya sudah dilengkapi sarana hiburan audio-video on demand. Di lantai bawah terdapat 6 kursi yang lebih eksklusif. PT Putera Mulya Sejahtera Bus tingkat baru dari PT Putera Mulya Sejahtera, melayani jurusan baru Bogor-Jakarta-Solo-Wonogiri. Di lantai atas tersedia 38 kursi, semuanya sudah dilengkapi sarana hiburan audio-video on demand. Di lantai bawah terdapat 6 kursi yang lebih eksklusif.

Sedangkan pada First Executive Class, kursi bukan model cangkang meski sama tebal dan dilapisi kulit layaknya sofa. Untuk merebahkan kursi dibantu tuas khusus. Sama seperti pada Elegant Class, ada tumpuan kaki yang tersedia agar posisi lebih nyaman.

Namun sudut untuk merebahkan kursi di First Executive Class tidak selebar Elegant Class. Jadi tentu Elegant Class menawarkan kenyamanan lebih, khususnya pada tempat duduk.

BACA: Asyik! Sekarang Ada Bus Tingkat Premium dari Bogor ke Solo

Di perjalanan, bus akan berhenti agar penumpang dapat beristirahat sekaligus menjalankan ibadah bagi umat muslim. Tersedia makanan prasmanan yang menunya sama antara kedua kelas bus double decker PP Putera Mulya. Di perjalanan, penumpang juga diberi camilan untuk menganjal perut.

Hidangan yang disajikan saat istirahat dari perjalanan bus double decker PO Putera Mulya, hidangan prasmanan alias boleh ambil sepuasnya kecuali untuk lauk daging. KOMPAS.com/ Silvita Agmasari Hidangan yang disajikan saat istirahat dari perjalanan bus double decker PO Putera Mulya, hidangan prasmanan alias boleh ambil sepuasnya kecuali untuk lauk daging.

Perlajanan dengan bus double decker PO Putera Mulya ini juga terbilang halus, apalagi untuk jalanan yang mulus. Cokro (sebutan supir di Putera Mulya) mengendarai bus dalam kecepatan yang wajar.

Uniknya dalam beberapa kesempatan, KompasTravel melihat orang-orang sengaja mengabadikan bus bewarna golden rose yang bertubuh bongsor ini dengan kamera ponsel.

BACA: Sleeper Bus di Indonesia Hanya Tinggal Kenangan...

Sesampainya di daerah Semarang, Jawa Tengah, asisten cokro akan bertanya titik pemberhentian yang diinginkan para penumpang dan mencatatnya. Penumpang dapat leluasa berhenti di titik yang dilewati bus. KompasTravel sendiri memilih mengakhiri perjalanan di depan Terminal Tirtonadi, Solo. 

Secara kesuluruhan KompasTravel mendapat pengalaman yang menyenangkan menumpang di bus double decker PO Putera Mulya. Bus ini setidaknya menghapus paradigma bus AKAP yang identik suka mengebut dan fasilitasnya tak memadai.

Dengan harga Rp 325.000 untuk Elegant Class dan Rp 225.000 untuk First Executive Class, pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh bus ini sangat setimpal. Paling penting, tak membuat kapok untuk naik bus double decker PO Putera Mulya di lain kesempatan.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM