Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat AirAsia Bercorak Indonesia Akan Terbangi Rute Domestik dan Internasional

Kompas.com - 13/09/2017, 18:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Rifai Taberi mengatakan pesawat AirAsia Indonesia bercorak ikon-ikon pariwisata Indonesia akan digunakan di rute-rute penerbangan domestik dan internasional. Hal itu diungkapkan Rifai seusai peresmian pesawat AirAsia Indonesia bercorak di Garuda Maintainance Facilities (GMF) AeroAsia, Banten, Rabu (13/9/2017).

"Kita ada empat hub AirAsia Indonesia yaitu Jakarta, Bali, Surabaya dan Medan. Pastinya untuk kebutuhan operasional itu nanti juga dirotasi karena hanggarnya di sini (Bandara Soekarno Hatta). Jadi mungkin dua bulan di Jakarta, dua bulan di Bali, dua bulan di Medan. Itu akan terus dirotasi," paparnya.

BACA: Ikon Pariwisata Indonesia Hiasi Pesawat AirAsia Indonesia

Menurut Rifai, pesawat tersebut akan digunakan di semua rute milik AirAsia Indonesia. Rute-rute internasional AirAsia Indonesia seperti Kuala Lumpur dan Singapura juga akan diterbangi menggunakan pesawat tersebut.

"Kami akan fokuskan kalau bisa rotasi pesawatnya rute internasional. Kalau rute ke Bali sudah pasti kami bawa (pesawatnya) ke Australia," ujarnya.

Ia berharap adanya pesawat bercorak ikon pariwisata Indonesia ini bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Selain itu, lanjut Rifai, AirAsia Indonesia ingin memotivasi pelaku industri lain untuk berkomitmen memajukan pariwisata Indonesia.

Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Adapun ikon pariwisata Indonesia di badan pesawat AirAsia Indonesia yaitu Gunung Bromo, Candi Borobudur, wayang kulit, serta logo Wonderful Indonesia. Ikon tersebut menghiasi bada pesawat (livery) AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320-200.

Pesawat beregistrasi PK-AXV dengan ilustrasi ikon pariwisata Indonesia itu sudah mulai beroperasi pada 6 September 2017.

Acara peresmian pesawat bercorak ikon pariwisata Indonesia milik AirAsia Indonesia dihadiri oleh Chief Executive Officer AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan; Staf Khusus Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata, Judi Rifajantoro; Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso; dan Senior Vice President Marketing & Business Development Garuda Maintainance Facilities AeroAsia, Leonardus Andriyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com