Rhenald: Kemenangan di UNWTO Makin Tingkatkan Eksistensi Pariwisata RI - Kompas.com

Rhenald: Kemenangan di UNWTO Makin Tingkatkan Eksistensi Pariwisata RI

Wahyu Adityo Prodjo
Kompas.com - 16/09/2017, 08:36 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan gugusan pulau karst dari Bukit Piaynemo, Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (31/11/2016).KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan menikmati pemandangan gugusan pulau karst dari Bukit Piaynemo, Desa Pam, Kecamatan Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Senin (31/11/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Akademisi dan praktisi bisnis, Rhenald Kasali mengatakan kemenangan video pariwisata Indonesia dalam ajang United Nations World Tourism Organization ( UNWTO) 2017 akan semakin meningkatkan eksistensi pariwisata di kancah pasar pariwisata dunia.

"Indonesia tengah menjadi perhatian dunia karena sejumlah hal (yaitu) negara dengan banyak hal yang masuk kategori improving mulai dari airlines, airport, jaringan internet, infrastruktur publik, sampai pada produk-produk pariwisata," kata Rhenald dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Jumat (15/9/2017).

(BACA: Bangga! Indonesia Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Video Pariwisata Dunia UNWTO)

Menurutnya, efek dari perhatian tersebut juga berpengaruh dalam industri Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE). Wisatawan dunia, lanjut Rhenald, bisa memilih Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan MICE.

"Perhatian itu dapat menggeser minat para pelancong dunia, khususnya MICE dari negara-negara konvensional yang sudah lebih dahulu dikenal (Singapura, Thailand dan Malaysia) untuk menggunakan Indonesia sebagai tempat pelaksanaan MICE," jelasnya.

(BACA: 16 Bus Wonderful Indonesia Mondar-mandir di Paris)

Ia menyebut penghargaan ini menunjukkan bahwa Indonesia telah masuk dalam radar para pelancong dunia. Hal itu terasa setelah Indonesia juga mendapat julukan sebagai salah satu negara dengan prmandangan terindah dunia, hotel terindah, dan sebutan lain.

"Keempat, ini dapat memicu datangnya para pioneer untuk semakin memperkenalkan daerah-daerah wisata baru Indonesia yang dikenal dunia seperti Banyuwangi, Kerinci, NTT, dan lain-lain," tambah Rhenald.

Barong Ider Bumi yang digelar di Desa Kemiren Senin (26/6/2017)KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Barong Ider Bumi yang digelar di Desa Kemiren Senin (26/6/2017)
Dampak lain pasca-kemenangan video pariwisata Indonesia adalah pariwisata bisa terpacu lebih kuat. Hal itu dilakukan sebagai langkah penciptaan lapangan kerja.

UNWTO telah mengumumkan pemenang-pemenang video pariwisata dalam ajang UNWTO Video Competition 2017. Indonesia adalah salah satu negara yang menyabet dua penghargaan video pariwisata di kategori wilayah Asia Timur dan Pasific serta "People Choice Award".

Pengumuman penghargaan dilakukan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, China.

Video pariwisata Indonesia yang maju dalam kompetisi UNWTO Video Competition 2017.berjudul “ Wonderful Indonesia: The Journey to A Wonderful Indonesia”.

Video pariwisata Indonesia menampilkan berbagai keindahan destinasi pariwisata Indonesia seperti Yogyakarta, Bali, Jakarta, Lombok, Toraja, Raja Ampat serta Wakatobi, dengan latar belakang lagu berjudul What A Wonderful World by Louis Armstrong.

PenulisWahyu Adityo Prodjo
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM