Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tradisi Unik "Ngopi" di Indonesia

Kompas.com - 17/09/2017, 07:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minum kopi bagi masyarakat Indonesia tentu sudah menjadi tradisi. Beda daerah, beda lagi tradisi masyarakatnya dalam menyeruput kopi.

Setidaknya ada sembilan tradisi menyeruput kopi di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Public Relation Sobat Budaya, Geaffary Aji dalam diskusi santai bertajuk "Omongan Budayo: Tradisi-Tradisi Ngopi di Nusantara".

"Di Indonesia ada beberapa tradisi kopi. Ternyata ada sembilan tradisi unik minum kopi dari Aceh, Sumatera, Jawa," kata Geaffary di Sekretariat Sobat Budaya, Jakarta, Sabtu (16/9/2017).

BACA: Ini Rekomendasi Kopi Terbaik Indonesia yang Harus Anda Coba

Berikut sembilan tradisi unik mencicipi kopi yang dihimpun dari paparan Geaffary.

1. Tradisi Pesta Penti di Bajawa, Flores

Geaffary menyebut ada tradisi unik di Bajawa, Nusa Tenggara Timur, yaitu pesta penti sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Bajawa atas melimpahnya hasil panen. Menurutnya, tradisi pesta penti diselenggarakan pada bulan Agustus dan September.

Masyarakat desa berkumpul, bertemu untuk sekedar makan bersama, silaturahmi, menampilkan tarian adat, dan tentunya minum kopi.

2. Kopi Sanger di Aceh

Bila pergi ke Aceh, ada kopi sanger yang berbentuk kopi susu. Menurut Geaffary, kopi sanger bisa ditemukan di daerah-daerah kampus di Aceh.

"Kepanjangannya sanger itu 'sama-sama mengerti'," tambahnya.

Ia mengatakan kopi sanger dibuat dengan cara disaring dan ditarik berulang-ulang. Susu yang digunakan sekitar seperdelapan dari ukuran gelas dan dicampur dengan air saringan kopi.

3. Kopi Walik Aceh

Satu lagi tradisi unik meminum kopi di Aceh, yaitu kopi walik. Geaffary mengatakan sesuai dengan namanya, penyajian kopi walik yaitu dengan cara dibalik. Kopi walik disajikan dengan gelas dan piring kecil. Kemudian, penikmat kopi bisa menyeruput dengan cara membuka gelas secara perlahan.

4. Kopi Tarik Aceh

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com