Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berwisata ke Kalijodo, Ini Ragam Kegiatan yang Bisa Anda Coba

Kompas.com - 18/09/2017, 17:45 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalijodo sekarang semakin atraktif, selain perubahan drastisnya dari kawasan prostitusi ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, kini semakin banyak permainan yang dibuka oleh warga.

Taman dengan skate park terbesar di Jakarta ini berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Menempati luas lahan sekitar 1,4 hektar, tentunya tersedia banyak sekali ruang untuk dimanfaatkan.

(BACA: Mengintip Kebiasaan Unik Ahok dalam Tur Wisata Warisan Ahok)

Kini ada banyak permainan selain skateboard yang bisa dinikmati anak hingga dewasa.

1. Sakateboard, BMX, dan sepatu roda

Sakateboard, BMX, dan sepatu roda, ketiganya tentu bisa dimainkan di skate park besar ini. Beberapa lekukan, tanjakan, kelokan dinilai cukup memadai oleh para skaters.

"Sudah layak, standarnya bagus lah komplet buat beberapa teknik main skate bisa di sini," ujar Fandi, salah satu pehobi skateboard yang cukuprutin bermain di Kalijodo.

(BACA: Serunya Menelusuri Wisata Warisan Ahok di Jakarta)

Untuk Anda yang datang tanpa membawa papan skate atau sepatu roda, Anda bisa menyewanya mulai sore hari. Di sisi skatepark ada penyewaan papan skate, sekitar Rp 25.000 hingga Rp 35.000 sesuai besarnya.

2. Motor trail listrik dan skuter listrik

Penyewaan motor trail listrik dan skuter listrik di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penyewaan motor trail listrik dan skuter listrik di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.
Adanya jalan kecil yang mengelilingi taman ini dimanfaatkan masyarakat menyewakan motor listrik yang bisa digunakan anak kecil. Motor listrik tersebut berwujud motor trail dan skuter listrik.

"Disewain Rp 20.000 per 15 menit buat skuter listrik, kalau yang motor trail Rp 20.000 per 10 menit, untuk anak sampai umur 15 tahun mungkin ya, tergantung bobotnya sih," ujar Kiki, penjaga penyewaan motor listrik tersebut.

3. Becak-becak kecil

Penyewaan becak mini di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penyewaan becak mini di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

Menggowes sepeda mungkin sudah biasa untuk anak Anda. Bagaimana jika berputar-putar Kalijodo dengan menggunakan becak mini?

Becak yang sudah dihias dengan sedemikian apik, berukuran tinggi satu meter, ada juga yang hanya 80 centimeter.

"Bisa untuk tiga orang anak kecil, yang gowes satu yang naik dua," ujar Jaya, penjaga penyewaan becak mini tersebut.

Ia menyewakannya dengan tarif Rp 20.000 tiap 20 menit, untuk kedua ukurannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com