Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara ke Kalijodo, dan Kapan Waktu Terbaiknya?

Kompas.com - 19/09/2017, 06:22 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalijodo kini sudah menjadi alternatif destinasi wisata Ibu Kota, karena memiliki skatepark terbesar di Jakarta, juga fasilitasnya yang cukup lengkap. Namun, jauhnya jarak Kalijodo dari pusat kota ini kerap menjadi halangan untuk wisatawan berkunjung.

"Sayang jauh ya tempatnya, padahal bagus ini. Kalau ada di tengah kota pasti udah rame banget," ujar Fandi Anwar, salah satu wisatawan yang ditemui KompasTravel di Kalijodo, Kamis (16/9/2017).

(BACA: Mengintip Kebiasaan Unik Ahok dalam Tur Wisata Warisan Ahok)

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo ini berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Untuk menuju ke sana ada beberapa alternatif termudah, yaitu:

1. Kereta Api dan angkot

Bagi Anda yang domisili Bekasi, Bogor, Tangerang, dan Depok, disarankan untuk menggunakan moda transportasi commuterline terlebih dahulu.

(BACA: Berwisata ke Kalijodo, Ini Ragam Kegiatan yang Bisa Anda Coba)

Pilihan pertama naik commuterline tujuan Stasiun Kota, lalu berpindah armada transportasi angkot B02 tujuan Cengkareng. Hanya sekitar 10 menit, turun di Kantor Camat Tambora. Dari sana Anda tinggal jalan, sekitar tiga menit sampai ke Kalijodo.

Pilihan kedua, Anda juga bisa naik commuter dengan tujuan Stasiun Angke. Lalu berpindah ke moda transportasi angkot yang sama, B02 sampai di Kantor Camat Tambora.

Bus tingkat Jakarta City Tour dengan rute Balai Kota menuju Kalijodo yang beroperasi tiga kali dalam sehari.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bus tingkat Jakarta City Tour dengan rute Balai Kota menuju Kalijodo yang beroperasi tiga kali dalam sehari.
2. Bus wisata tingkat gratis

Salah satu fasilitas nyaman menuju Kalijodo ialah menggunakan bus tingkat gratis, yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anda bisa menaikinya dari Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan.

Ada tiga bus wisata tingkat yang dioperasikan untuk rute Balai Kota-Kalijodo dalam satu hari. Bus wisata ini melewati rute Balai Kota-Sarinah-Tosari-masuk Tol Semanggi dan keluar Tol Pluit Tomang-Kalijodo. Untuk arah sebaliknya, dari Kalijodo masuk Tol Pluit Tomang-keluar Tol Semanggi-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Balai Kota.

Bagi yang ingin mencobanya, bus ini beroperasi mulai pukul 11.00 hingga 19.00 WIB setiap Senin hingga Jumat. Lalu pukul 09.00 hingga 23.00 WIB pada Sabtu, dan 12.00 hingga 19.00 WIB pada Minggu.

Waktu terbaik

Selain jarak, keluhan lain dari wisatawan di Kalijodo ialah suasana yang masih gersang. Masih sedikitnya jumlah pohon menjadikan teriknya matahari begitu menyengat di sana.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com