Lebih Baik Pilih Kursi Dekat Jendela Saat di Pesawat, Kenapa? - Kompas.com

Lebih Baik Pilih Kursi Dekat Jendela Saat di Pesawat, Kenapa?

Ni Luh Made Pertiwi F
Kompas.com - 20/09/2017, 22:03 WIB
Jendela pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Ilustrasi)KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Jendela pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Ilustrasi)

KOMPAS.com - Apakah Anda tipe penumpang yang senang duduk kursi dekat lorong kabin pesawat, atau kursi di sebelah jendela?

Jika Anda biasa memilih kursi dekat lorong (aisle seat), ada baiknya sesekali memilih kursi sebelah jendela (window seat). Dilansir dari Smarter Travel, berikut alasannya.

Tidur lebih nyaman

Di kursi dekat jendela, Anda bisa tidur lebih nyaman dengan menyenderkan kepala ke dinding kabin. Apalagi jika Anda membawa bantal kecil untuk bepergian.

Jika tak membawa bantal, Anda bisa menggulung jaket menjadi bantal. Selain itu, tidur Anda juga tak akan terganggu jika penumpang sebelah Anda perlu pergi ke toilet. 

Panorama penuh awan

Duduk di sebelah jendela, Anda dapat menikmati panorama langit. Kesempatan merasakan sensasi membelah awan hanya dirasakan di kursi tersebut, apalagi pada pagi atau siang hari saat cuaca cerah.

Pada malam hari, panorama kota penuh lampu bisa Anda lihat dari ketinggian. Terutama saat pesawat lepas landas atau mendarat. 

Duduk lebih nyaman

Jika Anda bertubuh lebar, bertubuh tinggi atau berkaki panjang, duduk di lorong kabin bisa membuat Anda tak nyaman. Hal ini membuat Anda mudah tertabrak penumpang atau awak kabin yang tengah berjalan di lorong kabin, koper penumpang lain, maupun kereta makanan. 

Ruang yang lebih lebar

Pada beberapa tipe pesawat, kursi dekat jendela memiliki ruang di bawah kursi yang lebih lebar. Hal ini membuat Anda lebih mudah menaruh tas di bawah kursi depan Anda.  

Atur cahaya

Sebagai penumpang yang duduk dekat jendela, Anda bisa mengatur tutup jendela. Jadi jika Anda merasa sinar matahari terlalu silau, Anda bisa menutup jendela. 

Mengurangi mabuk

Dengan melihat ke luar jendela dan menatap cakrawala, bisa mengurangi mabuk penerbangan. 

Keamanan

Ada bahaya mengintai dari kompartemen di atas kepala. Jika penumpang lain tak hati-hati saat membuka kompartemen, tas bisa saja jatuh tepat di kepala Anda. 

PenulisNi Luh Made Pertiwi F
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM