Australia Barat yang Ramah Terhadap Wisatawan Muslim... - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Tourism Western Australia

Australia Barat yang Ramah Terhadap Wisatawan Muslim...

Alek Kurniawan
Kompas.com - 21/09/2017, 10:03 WIB
Ilustrasi wisatawan muslim di PerthStewart Allen Ilustrasi wisatawan muslim di Perth

KOMPAS.com – Salah satu pertimbangan wisatawan Indonesia, yang mayoritas penduduknya muslim saat berlibur adalah keberadaan makanan halal. Sayangnya, makanan ramah muslim di beberapa negara masih sulit ditemui.

Oleh karena itu, tak heran kalau destinasi yang bisa menjamin ketersediaan halal ramai didatangi wisatawan Indonesia, Australia Barat misalnya.

Dilihat dari data kunjungan wisatawan sampai bulan Maret 2017 dari Tourism Western Australia, negara barat terdekat dari Indonesia yang memiliki empat jenis musim ini menjadi destinasi sasaran negara dengan penduduk mayoritas muslim.

Dalam data tersebut, Indonesia berada di peringkat kedua setelah Malaysia sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim yang berkunjung ke Australia Barat.

Pada peringkat pertama, wisatawan Malaysia mengalami peningkatan kunjungan hingga 111.700 orang atau meningkat sebesar 33,5 persen.

Selanjutnya pada peringkat kedua, Indonesia menyumbang lebih banyak 12,3 persen dari tahun sebelumnya atau sebanyak 29.300 wisatawan.

Menteri Pariwisata Australia Paul Papalia juga mengidentifikasi target kedepannya untuk menggaet lebih banyak pelancong dari negara-negara itu.

“Malaysia, Singapura dan Indonesia merupakan tiga pasar utama dengan potensi pertumbuhan yang sangat besar,” ungkap Paul.

Oleh karenanya, berbagai sarana dan prasarana untuk mencapai target tersebut harus dimaksimalkan, salah satunya dengan ketersediaan restoran halal di seluruh penjuru Australia Barat.

Restoran halal yang sudah ada pun beragam jenisnya, mulai dari restoran yang menyediakan makanan nusantara, timur tengah, melayu, hingga kuliner khas Australia sudah banyak yang berlabel halal.

Nah, berikut Kompas.com berikan tiga rekomendasi restoran halal yang bisa Anda kunjungi di Australia Barat.

Salah satu restoran di Perth yang menyediakan kuliner Nusantara. Selain bercita rasa Indonesia, makanan di Batavia Corner juga berlabel halal., sehingga aman untuk dikonsumsi wisatawan muslim.Batavia Corner Salah satu restoran di Perth yang menyediakan kuliner Nusantara. Selain bercita rasa Indonesia, makanan di Batavia Corner juga berlabel halal., sehingga aman untuk dikonsumsi wisatawan muslim.

Batavia Corner

Jauh dari tanah air, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hidangan nusantara. Di Australia Barat, tepatnya di Perth, terdapat salah satu restoran Indonesia yang menjadi incaran turis muslim yang berkunjung.

Batavia Corner, begitu nama restoran ini. Ragam makanan nusantara terhidang di daftar menu, seperti Nasi Ayam Penyet, Nasi Rames, Nasi Uduk, Mi Goreng Jawa, sampai Gado-gado. Harga yang terjangkau, yakni sekitar 10 AUD atau sekitar Rp 107 ribu (kurs pada Senin, (18/9/2017), membuat restoran ini selalu ramai dikunjungi.

Letak yang strategis juga memainkan peran. Berada di Shop 3, 912 Albany Highway, Victoria Park, Perth, membuat restoran ini semakin mudah untuk dijangkau pengunjung.

Café Karache

Terletak tak jauh dari Perth Central Business District (CBD), Café Karache menyediakan hidangan khas Malaysia, Singapura dan India.

Makanan yang menjadi favorit di restoran ini adalah Nasi Briyani-nya. Nasi Briyani sendiri merupakan hidangan nasi yang dimasak dengan rempah-rempah yang kuat dan dipadukan dengan daging ayam atau kambing. Pilihan daging bisa dipilih sesuai kemauan pengunjung.

Bila Anda rindu masakan Indonesia, tersedia pula daging rendang di restoran ini. Meskipun hanya dipadukan dengan nasi putih biasa, namun kelezatan yang dirasakan bisa mengobati rasa rindu tanah air.

Cicerello’s Fish & Chips

Ingin mencicipi kuliner khas Australia yang berlabel halal? Mungkin Cicerello’s Fish & Chips bisa menjadi jawabannya. Berlokasi di 44 Mews Road, Fremantle, Australia Barat, restoran ini sudah berdiri sejak 1903.

Hidangan khas dari Cicerello adalah Traditional Fish & Chips-nya. Makanan ini berbahan dasar daging ikan yang digoreng dengan tepung dan disajikan bersama kentang goreng renyah. Terdapat pula saus tartar untuk menambahkan sensasi pedas.

Selain Fish & Chips, pengunjung juga bisa menikmati hidangan seafood lainnya yang tertera pada menu, seperti udang, kepiting dan cumi-cumi. Harga yang dibanderol untuk satu porsi hidangan relatif terjangkau, yaitu  10-20 AUD atau sekitar Rp 107 ribu - Rp 214 ribu (kurs pada Senin, (18/9/2017).

Sebagai salah satu negara penghasil ikan, Australia juga terkenal dengan menu fish and chips yang lezat.Shutterstock Sebagai salah satu negara penghasil ikan, Australia juga terkenal dengan menu fish and chips yang lezat.

Selain daftar di atas, masih banyak lagi rekomendasi lainnya yang tersebar di negara bagian terbesar Australia ini. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap silakan kunjungi www.westernaustralia.com.

Jangan lupa, untuk mendapatkan pengalaman Anda tentang #SuatuHaridiAustraliaBarat (Just Another Day in Western Australia) secara langsung dengan memesan tiket penerbangan ke Australia Barat di Garuda Indonesia Travel Fair 2017 yang diadakan pada 22-24 September 2017 di Jakarta Convention Center.

Di sana Anda bisa memesan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Perth dengan harga promo, mulai dari Rp 3,8 juta nett untuk perjalanan pergi dan pulang. Dengan harga yang murah dan waktu tempuh yang singkat (hanya 4,5 jam perjalanan), Australia Barat bisa menjadi destinasi liburan Anda selanjutnya.

Jadi tak perlu ragu lagi untuk mendapatkan pengalaman menikmati destinasi, alam, seni , dan gaya hidup yang luar biasa, serta mengeksplor berbagai kuliner halal di Australia Barat!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlek Kurniawan
EditorSri Noviyanti
Komentar

Terkini Lainnya

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM