Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermalam di Balik Penjara Fremantle

Kompas.com - 22/09/2017, 08:42 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

KOMPAS.com - Fremantle, kota kecil yang berlokasi di muara Sungai Swan, Perth, Australia Barat menyajikan berbagai spot wisata yang menarik mulai dari kuliner hingga visual jalanan yang bertebaran di sepanjang dinding kota.

Namun, ada satu wisata yang tidak boleh ketinggalan jika  Anda berkunjung ke Fremantle yaitu mengunjungi gedung penjara di Fremantle.

(BACA: Menjelajah Perth, Kota Incaran Wisatawan Indonesia)

Berdiri di tengah kota Freo, Fremantle, penjara Fremantle menjadi warisan budaya Australia yang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika mampir ke kota ini.

Penjara Fremantle menyediakan tour keliling penjara yang menyulut adrenalin pengunjung. Bagaimana tidak? Penjara yang dibangun sejak tahun 1855 telah menjadi saksi bisu segala tragedi tahanan lokal.

Dinding tebal yang memagari Fremantle Prison YHA, Fremantle, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Dinding tebal yang memagari Fremantle Prison YHA, Fremantle, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)
Ruang penjara, ruang bawah tanah hingga ruang eksekusi masih tertata rapi di setiap sudut ruang. Namun, penjara Fremantle ini sudah tidak lagi beroperasi sejak 1991.

Bagi Anda yang tidak mau melewatkan pengalaman unik saat mampir ke Fremantle, kini penjara Fremantle menyediakan tempat untuk bermalam.

(BACA: Wow, di Perth Ada Bioskop Beratapkan Langit)

Dilansir dari dailymail, tahun 2015, Pemerintah Australia meresmikan penjara Fremantle tepatnya di bagian penjara wanita untuk ditranformasi sebagai tempat penginapan yang dinamakan Fremantle Prison YHA.

Transformasi ruangan pun dibuat sedemikian rupa tanpa menghapus ciri khas penjara itu sendiri. Terlihat dari dinding tebal serta teralis yang mengisi setiap ruang.

Pengunjung disambut dengan pintu gerbang Fremantle Prison YHA, Fremantle, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Pengunjung disambut dengan pintu gerbang Fremantle Prison YHA, Fremantle, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)
Untuk menginap di Fremantle Prison YHA, pengunjung dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu via website atau melakukan pemesanan secara langsung di tempat. Namun disarankan, pengunjung melakukan pemesanan via website terkait jumlah ruangan yang terbatas.

(BACA: Kenapa Pilih Liburan ke Perth Ketimbang Sydney?)

Mengenai biaya, dilansir dari harga yang tertera di website YHA, pengunjung dapat dikenakan biaya sebesar 22-179 dollar Australia dengan tipe tipe ruangan yang berbeda.

Pengunjung dapat memilih varian kamar mulai dari asrama hingga dengan cottage sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dengan harga tersebut, pengunjung dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan mulai dari wifi yang tersedia di zona wifi, dapur bersama, hingga ruang bermain yang dilengkapi dengan papan catur super besar.

Papan catur super besar yang berada di tengah area Fremantle Prison YHA, Fremantle, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty Papan catur super besar yang berada di tengah area Fremantle Prison YHA, Fremantle, Australia Barat, Minggu (10/9/2017)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com