Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tempat Wisata Tersembunyi di Jakarta

Kompas.com - 23/09/2017, 10:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlibur di Jakarta bukan ide buruk. Kota yang tak pernah tidur ini memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata buatan.

Beberapa tempat wisata terbilang lebih sepi pengunjung daripada tempat wisata lain, karena lokasinya yang sulit terlihat atau kadang tak disadari.

(BACA: Serunya Menelusuri Wisata Warisan Ahok di Jakarta)

Dirangkum dari siaran pers dari Ezytravel yang diterima KompasTravel, Jumat (22/9/2017) inilah tempat wisata tersembunyi di Jakarta.

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara terdapat hutan mangrove. Banyak pohon bakau rindang seakan membuat pengunjung sedang tidak berada di Jakarta.

(BACA: Ahok Dipenjara, Begini Dampaknya Terhadap Antusiasme Wisatawan Balai Kota)

Pengunjung juga dapat menyusuri jembatan kayu dan berfoto di Hutan Mangrove sekaligus melepas penat, menghirup udara segar.

Turis kapal pesiar MS Rotterdam berbincang-bincang dengan penduduk di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (19/2/2015).KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Turis kapal pesiar MS Rotterdam berbincang-bincang dengan penduduk di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (19/2/2015).
2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pelabuhan tertua di Jakarta dan sampai saat ini masih beroperasi. Terdapat bagian dermaga khusus, tempat parkir kapal kayu.

(BACA: Berwisata ke Kalijodo, Ini Ragam Kegiatan yang Bisa Anda Coba)

Di sore hari pengunjung dapat menikmati matahari terbenam. Pelabuhan Sunda Kelapa yang berada di Jakarta cocok bagi para pecinta fotografi.

3. Taman Prasasti

Taman Prasasti merupakan tempat pemakaman bersejarah yang ada di Jakarta, awalnya digunakan sebagai makam kolonial Belanda dan kini makam tersebut telah dikosongkan.

Kelly Brito, Lucero Zunîga, dan Ibu Lucero, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2017). Mereka datang ke museum untuk tahu lebih banyak sejarah Indonesia.KOMPAS.com/NURSITA SARI Kelly Brito, Lucero Zunîga, dan Ibu Lucero, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat, Kamis (29/6/2017). Mereka datang ke museum untuk tahu lebih banyak sejarah Indonesia.
Namun, nisan-nisan pemakaman masih bisa dilihat di Taman Prasati. Nisan tersebut bergaya Eropa dengan hiasan patung serta ukuran yang menarik.

Uniknya Taman Prasasti terletak di antara perumahan dan perkantoran Jakarta, tepatnya di Jalan Tanah Abang 1 Nomor 1, Jakarta Pusat.

4. Kampung Betawi Setu Babakan

Setu Babakan di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan menjadi situs wisata sekaligus situs pelestarian budaya Betawi.

Anak-anak berlatih menari di sanggar tari di Kampung Betawi Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2013). Kampung Situ Babakan merupakan salah satu kampung betawi yang masih bertahan di Jakarta. Di kawasan yang juga menjadi obyek wisata budaya ini masih dapat ditemukan rumah adat betawi, pembuat dodol dan bir pletok.  KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Anak-anak berlatih menari di sanggar tari di Kampung Betawi Situ Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2013). Kampung Situ Babakan merupakan salah satu kampung betawi yang masih bertahan di Jakarta. Di kawasan yang juga menjadi obyek wisata budaya ini masih dapat ditemukan rumah adat betawi, pembuat dodol dan bir pletok.
Di sini wisatawan dapat menemui rumah adat, kuliner, dan kesenian khas Betawi. Di Setu Babakan juga terdapat danau yang dapat menjadi alternatif berwisata.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com