Sebelum Beli Paket Umrah Murah, Mari Teliti Hal Ini - Kompas.com

Sebelum Beli Paket Umrah Murah, Mari Teliti Hal Ini

Silvita Agmasari
Kompas.com - 23/09/2017, 20:27 WIB
Upacara HUT RI ke-72 jamaah calon haji di asrama haji SurabayaKOMPAS.com/Achmad Faizal Upacara HUT RI ke-72 jamaah calon haji di asrama haji Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak operator umrah yang menawarkan paket umrah dalam berbagai tingkatan harga. Beberapa harga paket umrah memang terbilang menggiurkan, dengan harga yang termasuk murah kurang dari Rp 20 juta.

Namun sebelum akhirnya 'deal' alias setuju membayar paket umrah, ada baiknya memperhatikan beberapa biaya tambahan.

"Rata-rata paket umrah di operator umrah itu dikenakan biaya tambahan seperti pengurusan visa dan juga perlengakapan umrah," kata konsultan paket umrah dari Ramadhina Travel, Yanti kepada KompasTravel di Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 Fase II, di JCC, Sabtu (23/9/2017).

(BACA: Promo Umrah Murah di Garuda Indonesia Travel Fair, Mulai Rp 16 Juta)

Di Ramadhina Travel, misalnya biaya yang tambahan yang dikenakan kepada peserta umrah adalah pengurusan visa umrah, visa progressive (visa bagi yang melakukan ibadah umrah dua kali dalam tahun yang sama. Visa progressive merupakan kebijakan terbaru dari pemerintah Arab Saudi).

Kemudian ada biaya perlengkapan umrah, pengurusan surat muhrim atau muhram yang berlaku bagi peserta perempuan di bawah usia 45 tahun yang tak didampingi saudara laki-laki, ayah, atau suami, suntik meningitis, pengurusan tambah nama apabila kurang dari tiga suku kata, kelebihan bagasi, biaya pribadi seperti laundry dan tips, serta asuransi perjalanan.

(BACA: Ingin Umrah Backpacker, Kapan Waktu Terbaik untuk Mengurus Visa?)

Dari pantauan KompasTravel di GATF 2017 Fase II, tak hanya Ramadhina Travel, mayoritas operator umrah lainnya mengenakan biaya tambahan yang tercatat sebelumnya kepada calon jamaah.

Kemudian hal lain yang harus diteliti adalah maskapai penerbangan. Umumnya semakin murah paket umrah, maskapai penerbangan yang digunakan juga akan berpengaruh.

Pesawat layanan penuh (full service) tentu akan berbeda dengan pesawat bujet rendah, perihal kenyamanan dan fasilitas lain seperti makan dan minum berbayar selama penerbangan. 

Terakhir yang harus diperhatikan adalah cara pembayaran dan biaya pembatalan. Apabila dalam skenario terburuk perjalanan umrah terpaksa dibatalkan, tanyalah kebijakan operator umrah sebelum akhirnya membayar.

Tak ada salahnya bertanya segala sesuatu yang sekiranya mengganjal sebelum membayar paket umrah. Operator umrah yang baik akan transparan dalam soal harga dan fasilitas yang ditawarkan. 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM