Ransel Bolong sampai Kena Diare, Ini 6 Tips Hadapi Darurat Saat Traveling - Kompas.com

Ransel Bolong sampai Kena Diare, Ini 6 Tips Hadapi Darurat Saat Traveling

Ni Luh Made Pertiwi F
Kompas.com - 25/09/2017, 21:03 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Saat traveling, ada saja kejadian darurat yang mungkin Anda alami. Mulai dari hal-hal kecil seperti tas rusak hingga terkena diare karena tidak cocok dengan makanan di lokasi wisata. Berikut tips saat menghadapi kejadian darurat di perjalanan.

Jika charger ponsel tertinggal

Baterai handphone tinggal sedikit dan Anda ternyata lupa bawa charger. Jika Anda menginap di hotel, cobalah tanya ke bagian concierge apakah ada charger  yang bisa Anda pinjam. Jika tidak ada concierge di hotel tersebut, Anda bisa tanyakan kepada housekeeping atau resepsionis. 

Tamu-tamu hotel kerap meninggalkan charger ponsel. Biasanya bagian housekeeping menyimpan charger ponsel yang tidak diambil kembali oleh tamu. Sebagian hotel tidak mengizinkan Anda membawanya. Saya pernah mengalaminya dan solusinya adalah menumpang charge di concierge

Resleting rusak

Bisa jadi resleting tas ransel atau koper Anda rusak hingga tak bisa menutup dengan sempurna. Jika resleting macet, oleskan sabun di bagian yang macet. Jika tidak mau tertutup, periksa bagian resleting yang bengkok dan tekuk hingga ke semula. 

Bila semua hal ini tak berhasil Anda lakukan, Anda bisa lakukan cara saya saat mengalami hal ini, yaitu jahit saja tas itu. Di beberapa hotel biasanya disediakan peralatan menjahit dalam ukuran kecil. Jahit saja resleting hingga tertutup rapat. Namun pastikan Anda melakukan hal ini menjelang pulang dan tidak ada barang yang akan Anda ambil dari dalam tas. 

Kutu busuk

Tak hanya penginapan murah seperti hostel atau losmen yang kerap memiliki kutu busuk di kasur tempat tidur. Hotel bahkan kursi bus pun bisa menjadi sarang kutu busuk. Kutu busuk ini bergerilya pada malam hari. Jadi sebelum tidur, perhatikan dengan seksama kasur, apakah Anda bintik-bintik hitam. 

Jika terlanjur "diserang" kutu busuk, segera minta ganti kamar. Tubuh yang digigiti kutu busuk ditandai dengan bentol-bentol kemerahan yang gatal. Efek pada setiap orang berbeda-beda, terutama jika penderita memiliki riwayat alergi.

Untuk pertolongan pertama, cuci bagian yang gatal dengan sabun dan air. Gosok dengan sabun hingga berbusa, diamkan sebentar, kemudian bilas dengan bersih. Lakukan hal ini beberapa kali. Saya pernah digigit kutu busuk saat menginap di hotel. Untuk menghilangkan gatal, saya oleskan minyak tawon. Pilihan lain bisa gunakan minyak telon.

Gatal akibat kutu busuk bisa berlangsung lama. Jika tak tahan atau menimbulkan alergi, sebaiknya konsultasi ke dokter. 

Diare

Ada kalanya saat makan makanan di destinasi yang dituju, entah karena kurang bersih atau memang tidak cocok dengan bahan makanannya, perut jadi sakit dan muncullah diare. Pertolongan pertama ketika menghadapi diare adalah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi. 

Jika BAB terlalu sering atau lebih dari enam kali sehari, minum oralit setiap habis BAB. Setiap traveling, saya biasa membawa oralit dalam bentuk serbuk. Kemasannya yang kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Oralit serbuk ini cukup dilarutkan dalam air. Dalam keadaan darurat, oralit bisa dibuat dengan larutan garam dan gula.

Selain itu, hindari makan makanan yang digoreng, produk susu, makanan pedas, makanan asam seperti jeruk, dan makanan berserat seperti sayuran. Sementara waktu makan makanan tanpa bumbu dan bertekstur lembut seperti kentang rebus, pisang, telur rebus, atau bubur. Jika BAB disertai darah atau lendir, diare terjadi lebih dari tiga hari, atau mengalami dehidrasi, segera pergi ke rumah sakit terdekat. 

Ransel bolong

Ada kalanya, jahitan di tas ransel yang sudah lama dipakai terlepas. Tas Anda menjadi bolong. Jika Anda pikir menjahitnya dengan benang saja sudah cukup, Anda salah besar. Beban yang diterima ransel hanya membuat benang jahit mudah putus. 

Gunakan benang gigi yang bisa Anda beli di minimarket. Jahit tas Anda menggunakan benang gigi. Jika Anda masih merasa kurang yakin, Anda bisa lakukan cara saya. Di bagian dalam tas, berikan lakban di area yang sudah dijahit benang gigi. 

Sepatu basah

Anda hanya membawa satu-satunya sepatu Anda dan sepatu itu basah terkena hujan. Cara cepat mengeringkannya adalah dengan memasukan kertas koran ke dalam sepatu hingga penuh. Jika Anda menginap di hotel, Anda bisa meminjam hair dryer. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan sepatu.

PenulisNi Luh Made Pertiwi F
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM