Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Ikut Bapesta di Thanskgiving Day Kota Bitung...

Kompas.com - 26/09/2017, 10:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Thanksgiving Day lebih dikenal di negara Barat sebagai suatu hari perayaan untuk mengucap syukur atas akhir musim panen. Diketahui tradisi ini pertama kali berlangsung di Amerika Serikat.

Tak berbeda jauh, Kota Bitung, Sulawesi Utara juga memiliki tradisi Thanksgiving Day, ketika satu kota bersyukur dan merayakan momen khusus.

"Dulu Thanksgiving Day ini dilakukan di gereja, dengan pelaksanaan waktu terpisah-pisah. Tradisinya sendiri dari nelayan dan petani yang melakukan syukuran (hasil panen dan hasil tangkap)," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Ellen Sutrisno ditemui di acara jumpa pers Festival Pesona Selat Lembeh, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (25/9/2017).

(BACA: Panduan Wisata di Kota Bitung, Sulawesi Utara)

Saat ini Thanksgiving Day di Kota Bitung dilaksanakan serempak oleh seluruh masyarakat Bitung. Tahun 2017 ini Thanksgiving Day tak sekadar mengucap syukur atas hasil panen dan tangkapan ikan, melainkan juga hari jadi ke-27 Kota Bitung.

Pemandangan Selat Lembeh di Bitung, Sulawesi Utara.KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Pemandangan Selat Lembeh di Bitung, Sulawesi Utara.
Hari Minggu (8/10/2017) menjadi tanggal jatuhnya Thanksgiving Day yang juga termasuk dalam rangkaian acara Festival Pesona Selat Lembeh 2017. 

Menurut Ellen inilah saat yang tepat bagi wisatawan untuk ikut berpesta bersama masyarakat Bitung.

Sebab di acara Thanksgiving Day selalu ada hidangan khas Bitung yakni nasi jaha isi tuna (nasi dimasukkan bambu kemudian dibakar) dan tuna roll. Selain bersantap, satu hal yang tak akan luput dari pestanya orang Sulawesi Utara adalah bernyanyi dan menari.

"Kami sangat mengharapkan wisatawan ikut bergabung bersama kami dalam acara Thanksgiving Day ini," kata Ellen.

Ia juga mengajak wisatawan melihat kehidupan masyarakat multietnis di Kota Bitung yang hidup rukun dalam perayaan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com