Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100 Merek Ditargetkan Co-Branding dengan Kemenpar pada 2017

Kompas.com - 01/10/2017, 07:03 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Strategi co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berlanjut. Hingga 2017, ditargetkan ada 100 brand berkolaborasi mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Terimakasih telah berkolaborasi mempromosikan WI dan PI di berbagai produk. Saat ini sudah 42 brand. Kita menargetkan 100 brand hingga akhir tahun 2017, terdiri dari premium produk yang memiliki daya beli tinggi dan produk-produk yang menggunakan bahan dasar dari Nusantara,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata dalam Rakornas Pariwisata III 2017, di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Salah satu grup Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut ialah Alfaland dan Omega Hotel Management. Grup hotel tersebut etelah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata, 26 September 2017.

“Saya bangga kami dapat menjadi salah satu brand yang terpilih untuk mendukung program Wonderful Indonesia karena kami memiliki visi dan misi yang sejalan. Kami telah melakukan ekspansi ke beberapa wilayah wisata Indonesia serta bersinergi dengan pemerintah lokal dalam mendukung kegiatan wisata setempat,” ucap Hanto Djoko Susanto, Direktur Utama Alfaland dan Omega Hotel Management dalam rilis yang diterima KompasTravel, Jumat (29/9/2017).

Grand Purnama by Cordela HotelFacebook Grand Purnama by Cordela Hotel Grand Purnama by Cordela Hotel
Dengan ini, Alfaland yang merupakan induk perusahaan dari Omega Hotel Management akan meletakkan logo Wonderful Indonesia pada media promosi di lima brand hotelnya. Antara lain Grand Cordela Hotels, Cordela Hotels, Cordex Hotels, CX hostels dan Alfa Resort. Selain itu, juga di beberapa project yang masih dipasarkan yaitu Griya Hijau Regency di Cirebon dan Martadinata Point dan Paska Point di Bogor.

Pada co-branding ini, 100 merek ternama akan bersama-sama mempromosikan “Wonderful Indonesia” untuk disandingkan dengan merek masing-masing. Merek yang melakukan penandatangan MOU merupakan brand yang telah memenuhi tiga kriteria utama yang telah ditetapkan seperti premium product, produk Indonesia, serta memiliki jaringan distribusi nasional dan internasional.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memastikan efektivitas program co-branding, telah disusun strategi co-creation yang akan dijalankan bersama untuk semakin meningkatkan daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara yang berkunjung ke tujuan-tujuan wisata di Indonesia. Strategi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pengembangan Nation Branding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com