Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jember Fashion Carnaval Memupuk Rasa Percaya Diri Anak

Kompas.com - 01/10/2017, 11:03 WIB
Nursita Sari

Penulis

KUTA, KOMPAS.com - Keriangan terpancar dari raut wajah anak-anak yang tampil di hadapan wisatawan domestik dan mancanegara. Tak ada rasa malu yang menghampiri diri mereka saat beraksi dalam Jember Fashion Carnaval (JFC) di Lippo Mall Kuta, Bali, Jumat (29/9/2017) sore dan malam.

Mereka memakai kostum yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia. Mulai dari Betawi, Borneo, hingga Sriwijaya.

Anak-anak itu berjalan, berputar, dan menari mengikuti alunan musik. Para wisatawan mengarahkan berbagai kamera ponsel, kamera pocket, hingga DSLR mereka untuk mengabadikan karnaval itu.

BACA: Jember Fashion Carnaval Hadir di Bali

Keramaian wisatawan tak membuat anak-anak itu gugup. Justru, mereka senang. Dafa (7) misalnya, siswa kelas 2 SD itu tampil memakai kostum Sriwijaya berwarna hijau dan keemasan.

Meski harus menari dan melayani para wisatawan yang ingin berfoto, senyum tak pernah lepas dari wajahnya. Dafa mengaku senang menjadi peserta Jember Fashion Carnaval di Bali.

"Enggak malu, seneng," kata Dafa kepada KompasTravel.

Dava, salah satu peserta Jember Fashion Carnaval, berfoto sesuai gelaran karnaval di Lippo Mall Kuta, Bali, Jumat (29/9/2017).KOMPAS.COM/NURSITA SARI Dava, salah satu peserta Jember Fashion Carnaval, berfoto sesuai gelaran karnaval di Lippo Mall Kuta, Bali, Jumat (29/9/2017).

Bagi Dafa, tampil di Bali sebagai peserta JFC bukan pertama kalinya. Selain di kampung halamannya, Jember, ia juga pernah tampil di Jakarta.

Kostum Sriwijaya itu dibuat oleh sang ibu atas keinginannya.

"Ini (kostum) Sriwijaya. Aku yang pengin, bagus. Mama yang bikin," ucapnya.

Berbeda dengan Dafa, tampil di Bali merupakan pengalaman pertama Fisai Alvansyah (12). Siswa kelas 6 SD asal Jember itu senang menggunakan kostum khas Borneo.

"Ini pengalaman pertama, seneng. Kostum Borneo yang bikin Bapak," ujar Fisai.

BACA: Putri Indonesia 2017 Tampil di Jember Fashion Carnaval

Saat kamera mengarah kepadanya, Fisai pun langsung berpose mengangkat pedang dan tameng yang jadi pelengkap kostumnya. Ia sangat percaya diri tampil dalam JFC di Bali.

Peserta JFC lainnya, Zahra, memilih kostum Betawi. Siswi TK itu juga senang bisa tampil bersama peserta lainnya memamerkan kekayaan budaya Indonesia.

"Enak, seneng. Aku sama mama ke sini, pake (kostum) Betawi," kata Zahra.

Peserta Jember Fashion Carnaval memang bukan hanya orang dewasa. Anak-anak pun turut berpartisipasi. Karnaval tersebut memupuk rasa percaya diri anak-anak untuk berani tampil di depan publik sejak belia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com