Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2017, 13:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang lengkap keindahan alamnya. Mulai dari pantai, pegunungan, kota, hingga kepulauan.

"Sinjai itu kabupaten dengan tiga dimensi wisata. Jadi ada pantainya, gunungnya, juga dataran rendahnya," ujar Yuhadi selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai kepada KompasTravel saat Rakornas Pariwisata di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Sinjai yang berbatasan dengan Bone bisa menjadi rujukan Anda berwisata di Sulawesi Selatan. Alamnya yang masih asri dan budayanya yang masih terjaga akan mengundang wisatawan untuk berlama-lama di sana.

Yuhadi merekomendasikan beberapa destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan saat pertama kali berkunjung ke Sinjai.

Pemandangan dari bukit Taman Hutan Rakyat (tahura) Abdul Latif, Desa Batu Blerang, Kecamatan Sinjai Borong, Sulawesi Selatan.ARSIP DINAS PARIWISATA KABUPATEN SINJAI Pemandangan dari bukit Taman Hutan Rakyat (tahura) Abdul Latif, Desa Batu Blerang, Kecamatan Sinjai Borong, Sulawesi Selatan.
1. Taman Hutan Rakyat (Tahura) Abdul Latief

Tahura ini merupakan salah satu dataran tinggi terbaik di Sinjai. Daerah ini dikelilingi oleh pegunungan. Saat matahari cerah, keindahannya sangat memukau.

Dataran tinggi ini menjadi favorit untuk spot foto di ketinggian, sekadar relaksasi, hingga berkemah. Tentunya dengan menaati aturan yang berlaku.

Negeri di atas awannya Sinjai ini berlokasi di Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong. Untuk menjangkaunya Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat sejauh 30 kilometer dari ibu kota kabupaten, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

"Konsep ke depan kita akan buat itu sebagai ekowisata, bekerja sama dengan SKPD pertanian. Supaya tak hanya pemandangan dan suasana, tapi wisatawan juga bisa memanen buah-buahan untuk dinikmati di sana langsung," ujar Yuhadi.

Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.ARSIP DINAS PARIWISATA KABUPATEN SINJAI Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.
2. Pemukiman adat Karampuang

Pemukiman ini merupakan kawasan adat yang terletak di kampung tradisional Karampuang. Berada di Desa Tompo Bulu, Kecamatan Bulupoddo, 40 km dari pusat Kota Sinjai.

Di dalamnya ada komunitas adat Karampuang yang masih memegang teguh adat setempat. Ada juga rumah adat dan jejak-jejak prasasti mereka. Namun adatnya lebih mengatur tata krama peribadatan hingga merawat alam.

Waktu terbaik berkunjung ke sini ialah saat perayaan Mapigausihanuah, yang merupakan syukuran adat Karampuang. Perayaan tersebut jatuh sekitar bulan Oktober akhir hingga November tiap tahunnya.

Wisata Hutan Bakau Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.ARSIP DINAS PARIWISATA KABUPATEN SINJAI Wisata Hutan Bakau Tongke-tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.
3. Hutan Bakau Tongke-Tongke

Hutan bakau ini berada di Kecamatan Sinjai Timur, berbatasan dengan kawasan Pulau Sembilan. Kawasan ini sering menjadi tempat penelitian para mahasiswa dan dosen Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com