Liburan ke Pantai Bersama Si Kecil, Bawa 15 Benda Ini - Kompas.com

Liburan ke Pantai Bersama Si Kecil, Bawa 15 Benda Ini

Ni Luh Made Pertiwi F
Kompas.com - 01/10/2017, 15:03 WIB
Para wisatawan nusantara mengunjungi obyek wisata Pantai Watu Ulo, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Pantai Watu Ulo merupakan salah satu obyek wisata pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Jember.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Para wisatawan nusantara mengunjungi obyek wisata Pantai Watu Ulo, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015). Pantai Watu Ulo merupakan salah satu obyek wisata pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Jember.

KOMPAS.com - Akhir pekan, Anda bisa ajak si kecil berwisata ke pantai. Pilihlah waktu di pagi hari sebelum pukul 9 pagi, atau sore hari menjelang matahari terbenam. Namun waktu terbaik berkunjung ke pantai berbeda-beda, tergantung lokasi pantai yang Anda pilih. 

Pastikan Anda mengetahui jadwal matahari terbit dan terbenam di lokasi tersebut. Sehingga Anda bisa memilih waktu terbaik yaitu saat cuaca tidak terlalu panas. 

Sedikitnya ada 15 barang yang wajib Anda bawa saat berwisata bersama anak ke pantai. Berikut daftarnya seperti dihimpun KompasTravel.

Topi lebar

Agar tak terkena matahari langsung, ada baiknya Anda membawa topi yang lebar. Pilihlah warna mencolok seperti warna merah menyala atau kuning cerah. Hal ini akan memudahkan Anda melihat si kecil di tengah keramaian. 

Baju renang

Banyak orang tua yang memakaikan pakaian dalam atau kaus tipis dan celana pendek sebagai pengganti baju renang. Pakaian dari bahan katun akan terasa berat saat terkena air. Hal ini menyusahkan si kecil saat bergerak. Oleh karena itu, sebaiknya biasakan si kecil mengenakan baju renang. 

Minuman dan makanan

Si kecil mudah terkena dehidrasi bila lama berjemur di pantai. Oleh karena itu, bawalah air mineral dingin dalam botol isi ulang. Selain itu, bawalah beberapa camilan sehat dan awet seperti pisang, roti isi selai, atau biskuit. 

Sunblock

Oleskan tabir surya pada si tubuh dan wajah si kecil sebelum ia beraktivitas di pantai. Gunakan tabir surya khusus untuk anak-anak. 

Sandal jepit

Sandal memudahkan si kecil untuk berjalan-jalan di pantai. Namun biasakanlah ia untuk merasakan sensasi berjalan di atas pasir tanpa alas kaki. 

Alas duduk

Agar si kecil nyaman saat duduk di atas pasir, bawalah alas duduk seperti tikar atau alas yang anti air dan mudah dibersihkan dari pasir. Bisa juga mengunakan perlak atau terpal plastik. Pilihan lain adalah handuk tebal. Walau tidak anti air, tetapi handuk mudah menyerap air dan nyaman saat diduduki. 

Sekop mainan

Bawakan si kecil mainan seperti sekop, gelas plastik, dan ember kecil. Dengan alat-alat ini, ia bakal betah bermain pasir dan air laut. 

Wadah plastik

Daripada kantung plastik kresek, bawalah plastik ziplock atau plastik berpenjepit. Jika menaruh pakaian basah di kantung plastik, terkadang air menetes keluar. Jangan lupa bawa pula wadah plastik yang memiliki penutup rapat. Wadah ini bisa untuk menaruh ponsel, dompet, hingga kamera. Sehingga peralatan tersebut terbebas dari air. 

Casing anti air untuk handphone

Anda tengah memfoto si kecil di tepian laut menggunakan ponsel. Lalu ombak datang dan Anda kehilangan keseimbangan. Saat ponsel Anda jatuh ke air laut, Anda hanya bisa menatapnya dengan sedih. Sebelum menyesal, gunakan casing anti air untuk handphone Anda. 

Tas anti air

Gunakan tas jinjing dari bahan parasut yang anti air dan berukuran besar. Anda bisa memasukkan semua barang Anda di satu tas ini. 

Handuk

Jangan lupa membawa handuk. Gunakan handuk yang lebar sehingga bisa membungkus seluruh badan anak Anda. 

Plester luka

Bawalah obat-obatan pribadi termasuk plester luka. Kerang atau karang kecil mudah menggores kulit si kecil  hingga terluka. Bawa pula balsem penghangat tubuh yang bisa Anda oleskan ke tubuh usai berbilas. 

Botol semprot isi air

Bawalah botol semprot dan isilah dengan air. Gunakan untuk bercuci tangan sebelum makan. Bisa juga dengan menggunakan hand sanitizer. Jangan lupa membawa tisu basah dan tisu kering. 

Bedak bayi

Bedak bayi bisa digunakan untuk menghilangkan pasir-pasir yang menempel di kulit. 

Sikat kecil

Saat masuk ke mobil, pasir biasanya jadi mengotori mobil. Gunakan sikat untuk membersihkan alas kaki sebelum masuk ke mobil maupun membersihkan mobil dari pasir.

PenulisNi Luh Made Pertiwi F
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM