Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Kerugian Pembatalan Turis ke Bali Mencapai 20 Juta Dollar AS

Kompas.com - 05/10/2017, 22:27 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi kerugian yang dialami pariwisata Bali akibat pembatalan wisatawan ke Bali mencapai angka 20 juta dollar AS. Hal itu menyusul dampak peningkatan aktivitas kegunungapian Gunung Agung yang menyebabkan batalnya 60.000 wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali.

"Kalau mau dihitung lost-nya bisa diambil dari BPS (Badan Pusat Statistik) yaitu rata-rata spending wisatawan per-stay (di Bali) sekitar 1.300 dollar AS," kata Ketua Asita Bali, I Ketut Ardana dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Kamis (5/10/2017).

Angka kerugian 20 juta dollar AS merupakan hasil perhitungan jumlah pengeluaran wisman selama tinggal di Bali.

(BACA: Menpar Pantau Keadaan Gunung Agung sampai Pura Besakih)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan ada sekitar 15.000 wisman yang masuk ke Bali setiap hari.

Sehingga, bila dihitung jumlah wisman yang masuk ke Bali per hari dikali rata-rata pengeluaran selama di Bali akan menghasilkan angka 19,5 juta dollar AS. Kerugian itu akumulasi pembatalan wisman sekali berkunjung ke Bali.

(BACA: Menpar Minta Informasi Kondisi Gunung Agung Harus Satu Pintu)

Jumlah kerugian tersebut diperkirakan akan terus bertambah bila pembatalan wisatawan terus terjadi.

"1.300 dollar AS itu rata-rata spending per-stay. Wisatawan mancanegara itu kan length of stay-nya beda-beda. Jadi itu angka rata-rata yang sudah termasuk biaya akomodasi, makan, transport dan spending personal lainnya," ujar Ardana.

Meski demikian, angka pembatalan kunjungan wisman ke Bali sulit dipastikan. Namun, bila prediksi pembatalan wisatawan sekitar 60.000 wisatawan benar, jumlah tersebut masih tergolong sangat kecil.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan suasana Pulau Bali betul-betul aman. Dia berkunjung hingga ke Pura Besakih, yang jaraknya hanya 9 km dari pusat erupsi Gunung Agung dan berbincang-bincang dengan wisatawan, Kamis (5/10/2017).ARSIP KEMENTERIAN PARIWISATA Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan suasana Pulau Bali betul-betul aman. Dia berkunjung hingga ke Pura Besakih, yang jaraknya hanya 9 km dari pusat erupsi Gunung Agung dan berbincang-bincang dengan wisatawan, Kamis (5/10/2017).
Ketut Ardana menyebut pembatalan wisman ke Bali tak bisa dihindari bila berita hoaks tentang Gunung Agung masih beredar.

Menurutnya, berita hoaks tentang Gunung Agung harus terus dilawan dengan pemberitaan Gunung Agung yang dikeluarkan oleh sumber yang kompeten mesti dilakukan.

"Sekarang sudah terbentuk Bali Hospitality Task Force, dari sinilah berita-berita yang benar tentang Gunung Agung akan dirilis," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com