5 Air Terjun nan Menyegarkan di Makassar - Kompas.com

5 Air Terjun nan Menyegarkan di Makassar

WIENDA PUTRI NOVIANTY
Kompas.com - 06/10/2017, 17:03 WIB
Pelangi di Air Terjun Takapala, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan hellomakassar.com Pelangi di Air Terjun Takapala, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

KOMPAS.com - Sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar punya banyak obyek wisata mulai dari kuliner hingga alam. 

Sedikitnya ada lima air terjun yang bisa disambangi wisatawan saat berkunjung ke Makassar. Berikut daftarnya seperti dikutip dari rilis Ezytravel.co.id.

Air Terjun Biroro

Berlokasi di Desa Biroro, Kelurahan Bontolerung, Air Terjun Biroro menyajikan keindahan alam yang akan memanjakan mata Anda. Untuk mencapai air terjun ini, Anda bisa berangkat dari arah Kota Malino. Kemudian menempuh jarak sekitar dua kilometer hingga sampai ke Desa Biroro.

Sesampainya di Desa Biroro Anda perlu melakukan trekking sekitar 200 meter untuk mencapai lokasi air terjun.

Namun Anda harus berhati-hati saat menanjak menuju Air Terjun Biroro mengingat jalanannya yang cukup sulit di beberapa tanjakan ataupun turunan. Untuk memasuki area wisata Air Terjun Biroro, Anda cukup membayar tiket parkir kendaraan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembanna berlokasi di  kawasan Desa Lembanna, Kabupaten Gowa. Kawasan Gowa memang terkenal dengan objek wisatanya karena letaknya di pegunungan.

Air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Bawakaraengini  biasanya sering dijadikan sebagai tujuan akhir saat pendakian. Ini adalah salah satu lokasi peristirahatan para pendaki untuk melepas lelah, mengisi perbekalan air, hingga mandi.

Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Lembanna,  pengunjung dapat mengambil rute menuju puncak Bawakaraeng dan berakhir di Desa Lembanna. Namun bagi Anda yang sedang tidak dalam pendakian, Anda bisa lanngung menuju ke Desa Lembanna. Saat menjumpai jalur pendakian, ambil arah kiri dan air terjun akan segera menyapa.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Anda juga bisa berkemah atau menginap di tempat-tempat penginapan yang sudah disediakan masyarakat sekitar.

Air Terjun Ketemu Jodoh

Obyek wisata Air Terjun Ketemu Jodoh berlokasi di Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. Berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu tingkatan, Air Terjun Ketemu Jodoh ini memiliki dua tingkatan.

Konon, Air Terjun Ketemu Jodoh ditemukan pada tahun 1982 oleh pria bernama Karaeng Bulu Takapala. Pria tersebut bermaksud bertemu wanita cantik di air terjun tersebut dan sampai akhirnya menjadi jodoh.

Dari cerita itulah “Ketemu Jodoh” diambil untuk menamai air terjun yang satu ini. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat mengambil rute dari wisata Air Terjun Takapala dengan memakan waktu setengah jam saja dengan menggunakan mobil.

Bagi Anda yang ingin menikmati pesona Air Terjun Ketemu Jodoh, tidak perlu merogoh kocek yang mahal. Hanya dengan Rp 3.000 Anda bisa memasuki kawasan Air Terjun Ketemu Jodoh. Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan ini, varian penginapan pun disediakan tidak jauh dari lokasi. Harganya pun beragam dimulai dari Rp 150.000 per malam.

Air Terjun Saukang Lembang

Selain Kabupaten Gowa, Kabupaten Sinjai juga menawarkan berbagai ragam destinasi alam. Salah satu destinasi faforitnya adalah Air Terjun Saukang Lembang yang berlokasi di Desa Saukang, Kabupaten Sinjai. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda perlu menempuh kurang lebih 45 menit dari arah kota Sinjai menuju Desa Saukang.

Air Terjun Saukang Lembang dulu memiliki struktur bebatuan yang menyerupai tujuh tingkatan, sehingga guyuran air yang dihasilkan dari batuan tersebut menyajikan keindahan tersendiri. Namun terkait pasca banjir bandang yang menimpa Kabupaten Sinjai di tahun 2006 silam, kini struktur bebatuan tersebut menyisakan kurang lebih tiga tingkatan saja. Akibat perubahan struktur bebatuan pasca bencana tersebut,  air terjun yang dulu bernama “Tujuh Tingkat” kini berganti nama menjadi Air Terjun Saukang Lembang.

Untuk memasuki kawasan obyek wisata Air Terjun Saukan Lembang, pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 bagi para pengendara motor dan Rp 10.000 untuk para pengendara mobil.

Air Terjun Maddengge

Air Terjun Maddegge berlokasi di wilayah Batimurung, Kabupaten Maros. Di obyek wisata satu ini, Anda dapat menikmati idahnya air terjun dari selah-selah tebing yang mengapit air terjun ini.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan Anda. Lokasi Air Terjun Madengge dapat ditempuh melalui arah menuju Kecamatan Camba. Jika dari Kota Maros, Anda perlu menempuh kurang lebih satu jam perjalanan dan dilanjutkan dengan jalan kaki selama 10 menit dari parkiran menuju Air Terjun Madengge.

PenulisWIENDA PUTRI NOVIANTY
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM