Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Air Terjun nan Menyegarkan di Makassar

Kompas.com - 06/10/2017, 17:03 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar punya banyak obyek wisata mulai dari kuliner hingga alam. 

Sedikitnya ada lima air terjun yang bisa disambangi wisatawan saat berkunjung ke Makassar. Berikut daftarnya seperti dikutip dari rilis Ezytravel.co.id.

Air Terjun Biroro

Berlokasi di Desa Biroro, Kelurahan Bontolerung, Air Terjun Biroro menyajikan keindahan alam yang akan memanjakan mata Anda. Untuk mencapai air terjun ini, Anda bisa berangkat dari arah Kota Malino. Kemudian menempuh jarak sekitar dua kilometer hingga sampai ke Desa Biroro.

Sesampainya di Desa Biroro Anda perlu melakukan trekking sekitar 200 meter untuk mencapai lokasi air terjun.

Namun Anda harus berhati-hati saat menanjak menuju Air Terjun Biroro mengingat jalanannya yang cukup sulit di beberapa tanjakan ataupun turunan. Untuk memasuki area wisata Air Terjun Biroro, Anda cukup membayar tiket parkir kendaraan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembanna berlokasi di  kawasan Desa Lembanna, Kabupaten Gowa. Kawasan Gowa memang terkenal dengan objek wisatanya karena letaknya di pegunungan.

Air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Bawakaraengini  biasanya sering dijadikan sebagai tujuan akhir saat pendakian. Ini adalah salah satu lokasi peristirahatan para pendaki untuk melepas lelah, mengisi perbekalan air, hingga mandi.

Untuk mencapai lokasi wisata Air Terjun Lembanna,  pengunjung dapat mengambil rute menuju puncak Bawakaraeng dan berakhir di Desa Lembanna. Namun bagi Anda yang sedang tidak dalam pendakian, Anda bisa lanngung menuju ke Desa Lembanna. Saat menjumpai jalur pendakian, ambil arah kiri dan air terjun akan segera menyapa.

Untuk memasuki kawasan ini, Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Anda juga bisa berkemah atau menginap di tempat-tempat penginapan yang sudah disediakan masyarakat sekitar.

Air Terjun Ketemu Jodoh

Obyek wisata Air Terjun Ketemu Jodoh berlokasi di Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. Berbeda dengan air terjun lainnya yang hanya memiliki satu tingkatan, Air Terjun Ketemu Jodoh ini memiliki dua tingkatan.

Konon, Air Terjun Ketemu Jodoh ditemukan pada tahun 1982 oleh pria bernama Karaeng Bulu Takapala. Pria tersebut bermaksud bertemu wanita cantik di air terjun tersebut dan sampai akhirnya menjadi jodoh.

Dari cerita itulah “Ketemu Jodoh” diambil untuk menamai air terjun yang satu ini. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat mengambil rute dari wisata Air Terjun Takapala dengan memakan waktu setengah jam saja dengan menggunakan mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com